SBY Bersilaturahmi kepada Pak Harto, Contoh Menghormati Pemimpin Sebelumnya

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 614 2421313 sby-bersilatuhrami-kepada-pak-harto-contoh-menghormati-pemimpin-sebelumnya-smbMgZyZdN.jpg Presiden RI ke-6 SBY saat bersilatuhrami dengan Presiden RI ke- 2 Soeharto (Pak Harto). (Foto: Facebook/SBY Achievments)

JAKARTA - Foto Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersilaturahmi kepada  Presiden RI ke-2 Soeharto (Pak Harto) muncul di akun Facebook SBY Achievements dan di posting pada Minggu (6/6/2021),

Foto ini menunjukkan ingin memberi keteladanan  bagi generasi muda saat ini dengan  memberi contoh baik menghormati pemimpin sebelumnya. 

Silaturahmi sangat dianjurkan dalam Islam dan merupakan salah satu amalan yang dilakukan orang yang beriman. Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga: Pakaian Warna Putih Lebih Dianjurkan Rasulullah SAW, Bercahaya dan Bersih

"Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya" (HR Bukhari dan Muslim).

Foto kenangan tersebut muncul di akun Facebook SBY Achievements di posting pada Minggu (6/6/2021), Postingan foto dan naskah itu hingga Senin (7/6/2021) pukul 13.00 WIB sudah dikomentari 142 komentar dan 102 dibagikan kembali.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad: Hiduplah Seperti Pohon Beringin di Atas Batu Karang

Berikut isi narasi dari postingan yang diberi judul "Mikul Dhuwur Mendhem Njero" tersebut:

Bapak SBY sangat menghormati sosok Pak Harto~ senior di TNI maupun Dunia Politik. Semasa Taruna, Presiden ke 2 RI yang memberikan langsung Adhi Makayasa kepada Sersan Mayor Satu Taruna SBY atas lulusan terbaiknya sebagai Taruna di Akabri Darat tahun 1973.

Sebagai seorang Pemimpin selain dituntut bisa merangkul semua lapisan masyarakat tanpa kecuali, juga harus bisa mempunyai sikap "Mikul Dhuwur Mendhem Jero", terhadap pendahulunya, artinya Pemimpin harus bisa menunjukkan kebaikan yang dilakukan pendahulunya selama menjabat daripada kejelekannya.

Hal ini tentunya etika politik yang baik agar tidak ada hujatan dan ujaran kebencian dari kedua pendukung para pemimpin yang bisa memecah belah bangsa & negara. Sejatinya setiap Pemimpin telah berusaha berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negaranya. Dan setiap pemimpin memiliki masa & tantangan yang berbeda.

Sementara netizen merespons sebagai berikut:

Wahyudi Thayeb: setiap pemimpin punya beban dan tanggung jawab yang sama,dan mempunyai masalah yg berbeda ataupun sama,yg pada intinya saling menghargai dan menghormati.

Panji:  Contoh tauladan yang harus di teladani sopan dan santun nya sebagai orang timur .sehat sel

Hendri: Contoh peminpin yg baik menghargai siapapun, tidak punya rasa dendam iri

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya