Manfaat Luar Biasa Membaca Al-Quran Setelah Sholat Subuh

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 330 2422433 manfaat-luar-biasa-membaca-al-quran-setelah-sholat-subuh-SMMJB7WSaa.jpg Ilustrasi membaca Al-quran (foto: Freepix)

JAKARTA – Sebagai seorang muslim sempatkanlah waktu untuk memperbanyak membaca Al-quran, atau istilahnya mengaji. Meskipun Anda tidak mengerti dan memahami sepenuhnya tata cara yang benar dan baik, dengan terus berusaha membaca ayat-ayat suci Al-Quran, insya Allah akan memberikan manfaat dan mendapat balasan dari Allah SWT. Bahkan, lebih bagusnnya jika setiap ayat yang dibaca dapat dipahami makna dan isinya. 

Selain mendapatkan pahala, ada beberapa pendapat ahli yang mengatakan dengan mengaji akan meningkatkan kecerdasan otak seseorang hingga 80% lebih. karena di sana ada pergantian dari siang ke malam dan dari malam ke siang hari di samping itu ada tiga aktifitas sekaligus, membaca , melihat dan mendengar.

Sedangkan menurut penjelasan Aidh Al-Qarni dalam kitabnya berjudul Durus al-Syaikh Aidh al-Qarni. Rasulullah Muhammad SAW mengatakan bahwa sholat Subuh adalah salah satu sholat yang disaksikan para malaikat malam dan para malaikat siang. Nabi SAW bersabda: وتَجْتَمِعُ مَلائِكَةُ اللَّيْلِ ومَلائِكَةُ النَّهارِ في صَلاةِ الفَجْرِ "Dan para malaikat malam dan para Malaikat siang akan berkumpul dalam sholat subuh." (HR Bukhari dari jalur Abu Hurairah RA).

Baca Juga: 5 Keutamaan Sholat Tepat Waktu, Yuk Mulai Sekarang Lebih Rajin

Karena itu pula, Nabi Muhammad SAW sangat berharap agar umatnya memperpanjang bacaan Alquran dalam sholat Subuhnya. Dengan demikian, bacaan Alquran tersebut dapat disaksikan oleh para Malaikat. Hal ini seperti dalam firman Allah SWT: أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا "Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh, sholat Subuh itu disaksikan (oleh Malaikat)." (QS Al-Isra: 78).

Muhammad al-Muqoddam dalam kitabnya berjudul 'Limaadza Nusholli', memberikan catatan atas ayat tersebut, bahwa yang dimaksud 'Qur'an al-Fajri' dalam ayat di atas adalah ayat Alquran yang dibaca pada waktu sholat Subuh.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Berjamaah di Masjid, Bisa Meraih Pahala 27 Derajat 

Allah berfirman dalam Surah Al Israa Ayat 82 yang artinya, "Dan Kami turunkan di dalam al-Quran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."

Kemudian dalam Surat Ar-Radu, Allah SWT berfirman, "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Alquran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Alquran) hati menjadi tenteram."

Dalam Surah Shad Ayat 29, Allah berfirman:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آَيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”

Sebagai kalam Allah, membaca huruf-huruf dalam Alquran adalah sebuah kebaikan, sekalipun tidak tahu artinya. Nah, bagaimana kalau bisa sampai menghafalnya dan memahami isi? Tentu saja pahalanya akan berlipat ganda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam hadist dari Ibnu Mas’ud, Nabi Muhammad bersabda “siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka dia mendapat satu pahala. Dan setiap pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Turmudzi 3158 dan dishahihkan Al-Albani).

Kemudian hadist lain yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, Rasulullah bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an."

Allah juga menjanjikan pahala bagi orang yang membaca Alquran tapi masih terbata-bata atau belum lancar.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Aisyah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari (4937) dan Imam Muslim (798). Rasulullah bersabda "Yang mahir membaca al Quran bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya