Gerhana Matahari Cincin, Ini Bacaan Zikir yang Bisa Diamalkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 614 2422481 gerhana-matahari-cincin-ini-bacaan-zikir-yang-bisa-diamalkan-ZjV4mP0dZ8.jpg Ilustrasi zikir ketika gerhana matahari. (Foto: Shutterstock)

GERHANA matahari cincin dilaporkan akan terlihat di langit Bumi pada Kamis 10 Juni 2021. Tapi sayangnya, fenomena alam langka ini tidak dapat disaksikan di langit wilayah Indonesia. Gerhana matahari cincin hanya dapat disaksikan di bagian utara Bumi, yakni Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta kawasan Siberia (Rusia).

Gerhana matahari cincin ini juga sebagian terlihat di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Kota-kota seperti Toronto di Kanada serta New York dan Boston di AS bakal bisa terlihat antara 80 hingga 86 persen gerhana matahari cincin ini.

Baca juga: Besok Gerhana Matahari Cincin, Ini 5 Amalan yang Dianjurkan ketika Terjadi Gerhana 

Wilayah lain seperti Greenland, Irlandia, Eropa, Rusia, negara Asia Tengah serta China bagian barat bisa menyaksikan gerhana matahari cincin ini jika cuaca memungkinkan.

NASA menyatakan tidak aman untuk melihat langsung sinar matahari, apalagi jika terjadi gerhana. Mereka pun mengingatkan agar masyarakat tidak melihat langsung gerhana matahari cincin ini tanpa alat bantu seperti kacamata gerhana.

Ilustrasi zikir. (Foto: Shutterstock)

Nah, dalam ajaran agama Islam, fenomena alam ini merupakan tanda-tanda kebersaran Allah Subhanahu wa ta'ala. Imam Bukhari meriwayatkan tentang gerhana matahari:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يُخَوِّفُ بِهَا عِبَادَهُ

Artinya: "Sesungguhnya matahari dan bulan keduanya merupakan tanda-tanda kebesaran Allah, keduanya tidak gerhana karena kematian seseorang atau karena kehidupannya. Akan tetapi Allah hendak membuat gentar para hamba-Nya." (HR Bukhari)

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin 10 Juni Hanya Terlihat di Wilayah Ini 

Lantas, bagaimana umat Islam menyikapi gerhana matahari tersebut?

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan umat Islam dianjurkan untuk menggelar amalan-amalan sunah. Amalan sunah saat gerhana matahari terjadi yaitu sholat gerhana dan ibadah zikir.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mengutip pendapat Imam Ibnu Hajar dalam Kitab Fathul Bari, ketika datangnya gerhana maka dianjurkan untuk berzikir, bertakbir, bertasbih, dan bertahlil:

ووقع في حديث ابن عباس عند سعيد بن منصور “فاذكروا الله وكبروه وسبحوه وهللوه”

Artinya: "Berzikirlah, bertakbirlah, bertasbihlah, dan bertahlillah."

"Praktisnya, hal itu dapat dirangkum dalam untaian doa yang dibaca berulang-ulang sampai habisnya gerhana," ungkap Ustadz Asroni ketika dikonfirmasi Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tidak Melihat Langsung Gerhana, Wajibkah Melaksanakan Sholat? 

Ilustrasi gerhana matahari.

Salah satu contoh zikir yang bisa diucapkan atau dibaca ketika gerhana matahari datang yaitu:

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، الله أكبر

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar

Artinya: "Maha Suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan melainkan Allah. Allahlah Yang Maha Besar."

Di samping itu, adanya gerhana ini juga mengingatkan seseorang dengan kejadian hari kiamat. Salah satu bentuknya adalah terjadinya gerhana dan menyatunya matahari dengan bulan.

Baca juga: Ini Tata Cara Sholat Gerhana Matahari 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Al Qiyamah Ayat 8 sampai 9:

وَخَسَفَ الْقَمَرُ . وَجُمِعَ الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ (سورة القيامة)

Artinya: "Dan apabila bulan telah hilang cahayanya. Dan Matahari dan bulan dikumpulkan."(QS Al Qiyamah: 8–9)

Wallahu a'lam bishawab.

Ilustrasi sholat gerhana. (Foto: Okezone)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya