Niat Sholat Gerhana Matahari Cincin

Hantoro, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 614 2422828 niat-sholat-gerhana-matahari-cincin-Zy4zgqTJWi.jpg Ilustrasi sholat gerhana matahari. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

HARI ini, Kamis 10 Juni 2021, dilaporkan terjadi fenomena alam langka gerhana matahari cincin di langit Bumi. Kaum Muslimin yang bisa mengalaminya secara langsung pun dianjurkan melaksanakan sholat gerhana matahari cincin.

Namun, gerhana matahari cincin kali ini tidak dapat disaksikan di wilayah Indonesia. Peristiwa alam yang sangat langka tersebut hanya dapat disaksikan di bagian utara Bumi.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin, Ini 5 Amalan yang Dianjurkan ketika Terjadi Gerhana 

Lembaga antariksa NASA menjelaskan tidak aman melihat langsung gerhana matahari cincin. Masyarakat dunia diingatkan agar tidak melihat langsung, harus menggunakan alat bantu seperti kacamata gerhana. Jika menyaksikannya langsung, bisa mengancam kesehatan mata.

Ilustrasi gerhana matahari. (Foto: Times of India)

Sementara dalam ajaran agama Islam diajarkan sejumlah amalan yang dapat dilakukan ketika terjadi fenomena alam gerhana matahari cincin. Salah satunya adalah sholat gerhana.

Berikut tata cara sholat gerhana yang dimulai dari niat, sebagaimana dinukil dari laman Kemenag.go.id.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin 10 Juni Hanya Terlihat di Wilayah Ini 

1. Berniat di dalam hati. Diniatkan mengerjakan sholat sunah gerhana matahari sebagai imam/makmum semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana sholat biasa.

3. Membaca doa iftitah, kemudian membaca Surah Al Fatihah, dilanjutkan membaca surah yang lain sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih).

4. Kemudian rukuk.

5. Kemudian bangkit dari rukuk (iktidal).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Setelah iktidal ini tidak langsung sujud, tapi dilanjutkan dengan membaca Surah Al Fatihah dan surah lain. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.

7. Kemudian rukuk lagi (rukuk kedua) yang panjangnya lebih pendek dari rukuk sebelumnya.

8. Kemudian bangkit dari rukuk (iktidal).

Baca juga: Gerhana Bulan Total Jadi Penguat Fakta Bumi Itu Bulat 

9. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana rukuk, lalu duduk di antara dua sujud, kemudian sujud lagi.

10. Kemudian bangkit dari sujud, lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama, hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya.

11. Salam.

12. Setelah itu imam menyampaikan khotbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristigfar, dan sedekah.

Wallahu a'lam bishawab.

Tata cara sholat gerhana. (Foto: Kemenag.go.id)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya