Usaha Dajjal Pengaruhi Manusia, Mulai Mengaku Tuhan hingga Tipuan Hidupkan Manusia yang Telah Mati

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 330 2426663 usaha-dajjal-pengaruhi-manusia-mulai-mengaku-tuhan-hingga-tipuan-hidupkan-manusia-yang-telah-mati-zqvr1GXAuI.jpg Dajjal datang sebagai salah satu tanda hari kiamat akan tiba. (Foto:Okezone/Dok)

KEHADIRAN Dajjal adalah salah satu tanda- tanda hari kiamat akan tiba. Dajjal akan muncul dari arah timur dan mengaku sebagai tuhan. Bukan itu saja, Dajjal juga akan menjelajahi seluruh bumi kecuali beberapa negeri atau kota yang tidak dapat dimasuki yakni Baitul Maqdis, Bukit Thursina, Kota Mekkah, dan Kota Madinah.

Sementara untuk mempengaruhi umat manusia, Dajjal akan menunjukkan kekuatannya. Mulai dari menahan matahari sehingga satu hari dijadikan bagaikan sebulan, sehari, dan satu Jumat. Selain itu, Dajjal dapat menyelam laut laksana menyelam ke sungai.

Lalu, Dajjal dapat menghidupkan manusia dan hewan seperti unta dan kambing yang telah mati. Namun, sebenarnya itu hanya setan yang menyerupai.

Baca Juga: 5 Usaha Pencurian Jenazah Nabi Muhammad SAW Semuanya Berakhir Gagal

Dajjal memiliki gunung dari kuah dan daging panas yang tidak pernah dingin, sungai yang mengalir, gunung taman-taman, sayur-sayuran dan gunung api dan asap.

Dajjal akan berusaha menyesatkan manusia dari jalan Allah, dan menjadi ujian terberat bagi umat manusia menjelang Hari Kiamat.

Percaya kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan salah satu dari enam rukun iman. Pada hari kiamat yang akan datang nanti, alam semesta beserta isinya akan hancur tanpa bersisa.

Namun, seperti dijelaskan dalam Al-quran, sebelum hari kiamat tiba akan muncul banyak pendusta, yakni Dajjal.

Baca Juga: Alasan Mengapa Dajjal Tak Bisa Masuk Kota Makkah dan Madinah

Oleh karena itu, sebagai orang yang beriman semestinya mengetahui sifat serta fitnah-fitnah Dajjal agar terhindar dari kesesatannya. Dajjal itu buta sebelah matanya, berkilau, dan hina. Dajjal juga berambut lebat.

Dalam berbagai hadis disebutkan bahwa Dajjal pendek dan di hadis lain tinggi. Ada keterangan juga bahwa jarak antara kedua telinga keledainya empat puluh lengan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam keterangan sebelumnya, juga dalam hadis Jabir. Di dalam hadis yang lain diriwayatkan sejauh tujuh puluh depa.

Abdan mengatakan dalam kitab Ma 'rifah ash-Shababah, “Sufyan ats-Tsauri meriwayatkan dari Abdul Malik bin Maisarah, dari Hauth al-Abdi, dari Mas'ud, ia berkata: ‘Telinga keledai Dajal menaungi tujuh puluh ribu’.”

Mengutip buku "Dahsyatnya Hari Kiamat: Rujukan Lengkap Hari Kiamat dan Tanda-Tandanya berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah" karya Ibnu Katsir dikutip Sabtu (13/2/2021) disebutkan, Syaikh kita, al-Hafizh adz-Dzahabi, berkata, “Hauth itu tidak dikenal, kabar ini mungkar, dan sesungguhnya di antara kedua matanya tertulis KAFIR yang dapat dibaca oleh setiap orang mukmin serta bagian belakang kepalanya kriting lagi keras.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya