Pembangunan Masjid Pakai Dana Bantuan Non-Muslim Bolehkah?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 614 2429801 pembangunan-masjid-pakai-dana-bantuan-non-muslim-bolehkah-aI7ZLBoeF0.jpg Pembangunan masjid. (Foto: Kemenag)

PEMBANGUNAN masjid pakai dana donasi dari  non-Muslim apakah diperbolehkan sehingga penyelesaian pembangunannya dapat diselesaikan dengan cepat.

"Anda dapat menerima sumbangan dari tetangga Kristen untuk membangun masjid," kata Imam dan Direktur Komunitas Muslim di Western Suburbs, Ali Suleiman Ali.

Ali yang juga anggota Dewan Pengawas Institut Pembelajaran Amerika untuk Muslim (ALIM) ini melanjutkan, bahwa tidak ada salahnya menerima sumbangan dari tetangga Kristen untuk menyelesaikan pembangunan masjid.

Baca Juga: Syekh Junaid Al-Batawi, Ulama Betawi yang Namanya Mahsyur di Tanah Suci

Dibolehkannya menerima donasi dari Non-Muslim didasari pada kisah Nabi Muhammad SAW yang juga menerima hadiah dari Muqawqis, Raja Mesir, serta Raja Roma pada saat mereka non-Muslim. Donasi adalah hadiah."Sama seperti Anda dapat memberikan hadiah kepada non-Muslim," ujar Ali.

Begitu juga dengan empat ahli hukum terkemuka tidak berbeda dalam menerima wasiyyah (warisan) dan wakaf (wakaf) dari seorang dhimmi (non-Muslim yang hidup dalam masyarakat Muslim). Kemudian Alquran juga tidak melarang umat Muslim berbuat baik kepada non-Muslim yang tidak memusuhi Muslim.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Orang yang Sakit, Bila Sangat Parah Maka Lakukan Menggunakan Hati

Ali mengutip Al-Quran Surat Al Mumtahanah ayat 8 berbunyi: 

لَا يَنۡهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يُقَاتِلُوۡكُمۡ فِى الدِّيۡنِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوۡكُمۡ مِّنۡ دِيَارِكُمۡ اَنۡ تَبَرُّوۡهُمۡ وَ تُقۡسِطُوۡۤا اِلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ‏

"Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil." (QS. Al Mumtahanah ayat 8).

Di bagian lain Ali juga mengingatkan bahwa  ada juga beberapa ulama menyarankan tidak mengambil sumbangan dari non-Muslim untuk membangun masjid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya