Berkurban Harus Setiap Tahun atau Cukup Sekali Seumur Hidup Saja ?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 330 2430139 berkurban-harus-setiap-tahun-atau-cukup-sekali-seumur-hidup-saja-yW2Ou0KRq5.jpg Berkurban harus setiap tahun atau cukup sekali saja seumur hidup

BERKURBAN harus setiap tahun atau cukup sekali saja dalam seumur hidup? Pertanyaan seperti ini kerap muncul di tengah - tengah kaum Muslimin mendekati Hari Raya Idul Adha seperti saat ini. Lantas bagaimana penjelasannya, apakah boleh berulang kali atau cukup satu kali saja.

Para ulama memberikan syarat dalam berkurban adalah muslim, mampu (berkecukupan), sudah baligh (dewasa) dan berakal. Jadi, walaupun memang tidak diwajibkan untuk berkurban, namun baiknya setiap tahun tetap berkurban apalagi mampu, kaya atau berkecukupan.

Hukum berkurban yang tepat memang sunah (dianjurkan) menurut kebanyakan ulama.

Baca Juga: Mumpung Lagi Sukses Jangan Lupa Bersedekah dan Berbagi Kepada Sesama

Imam Nawawi dalam Al Minhaj (3: 325) berkata:

“Qurban itu tidak wajib kecuali bagi yang mewajibkan dirinya untuk berqurban (contoh: nadzar).”

 Dalam Al Majmu’ (8: 216), Imam Nawawi rahimahullah berkata:

“Menurut madzhab Syafi’i dan madzhab mayoritas ulama, hukum qurban adalah sunnah muakkad bagi yang mudah (punya kelapangan rezeki) untuk melakukannya dan itu tidak wajib.”

Di kitab lainnya, Imam Nawawi mengatakan:

“Para ulama berselisih pendapat mengenai wajibnya qurban bagi orang yang memiliki kelapangan rezeki. Menurut mayoritas ulama, hukum berqurban adalah sunnah. Jika seseorang meninggalkannya tanpa udzur (tidak berdosa), ia tidaklah berdosa dan tidak ada qadha’ (tidak perlu mengganti).”(Syarh Shahih Muslim, 13: 110)

Baca Juga: Hukuman Berzina, Dosa yang Ditanggung Pelakunya di Dunia hingga Akhirat

 Artinya, apa yang dikatakan Imam Nawawi bahwa siapa yang punya kemampuan (kelapangan rezeki) setiap tahun untuk berqurban tetaplah berqurban.

Nasehat Untuk Berqurban

Jangan sampai enggan berqurban karena takut harta berkurang. Jangan sampai enggan berqurban karena khawatir akan kurang modal usaha. Jangan sampai enggan berqurban karena khawatir tidak bisa hidupi lagi keluarga.

Justru dengan berqurban harta semakin berkah, usaha semakin dimudahkan, segala kesulitan terangkat, lebih-lebih kesukaran di akhirat. Juga terbukti, berqurban dan bersedekah tidak pernah menjadikan orang itu miskin. Atau ada yang pernah lihat ada orang yang jatuh bangkrut dan miskin gara2 ikut qurban?

Justru yang pelit dengan hartanya yang biasa merugi dan jatuh pailit. Namun tetap dasari semuanya ikhlas meraih ridha Allah.

Baca Juga: Perayaan Ulang Tahun Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Ingatlah yang Allah janjikan, 

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Ingatlah yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan, 

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

 “Sedekah tidaklah mengurangi harta.”(HR. Muslim no. 2558)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya