Kisah Nabi Sulaiman Sembelih 20.000 Kuda dan Mampu Memerintahkan Angin

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 614 2430847 kisah-nabi-sulaiman-sembelih-20-000-kuda-dan-mampu-memerintahkan-angin-nvWt4s95C3.jpg Kisah Nabi Sulaiman sembelih 20.000 kuda. (Foto: Freepik)

KISAH Nabi Sulaiman `alaihis salam (AS) yang juga anak dari Nabi Daud AS mempunyai cerita yang luar biasa. Nabi Sulaiman mempunyai sekitar 20.000 kuda. Suatu ketika Nabi Sulaiman terlambat Sholat Asar karena mengurus kuda-kuda itu. Namun keterlambatan itu bukan disengaja.

Nabi Sulaiman  begitu cintanya kepada kuda untuk digunakan jihad di jalan Allah. Beliau memiliki kuda-kuda yang kuat, cepat dan bersayap. 

Saat dia mengetahui bahwa ketinggalan  sholat karena kuda-kuda tersebut, dia pun bersumpah, ‘Tidak, demi Allah, janganlah kalian (kuda-kudaku) melalaikanku dari menyembah Tuhanku.’ Lalu beliau memerintahkan agar kuda-kuda itu disembelih. Maka beliau memukul leher-leher dan urat-urat nadi kuda-kuda tersebut dengan pedang.

Baca Juga: Kisah Nabi Musa Murka Kepada Kaumnya hingga Memukul Batu Sungai 7 Pukulan

Ketika Allah mengetahui hamba-Nya yang bernama Sulaiman menyembelih kuda-kuda tersebut karena  takut dari siksa-Nya serta karena kecintaan dan pemuliaan kepada-Nya. Akibat sibuk dengan kuda-kuda tersebut sehingga habis waktu sholat.

Sebab hal tersebut, Allah lalu menggantikan untuknya sesuatu yang lebih baik dari kuda-kuda tersebut, yakni angin yang bisa berhembus dengan perintah Nabi Sulaiman , sehingga akan menjadi subur daerah yang dilewatinya, perjalanannya sebulan dan kembalinya juga sebulan. Melansir laman Kisahmuslim com pada Jumat (25/6/2021) disebutkan. dan tentu, ini lebih cepat dan lebih baik daripada kuda.

Karena itu, benarlah sabda Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam, 

إِنَّكَ لاَ تَدَعُ شَيْئًا إِتِّقَاءً لله تَعَالَى إِلاَّ أَعْطَاكَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ خَيْرًا مِنْهُ) رواه أحمد و البيهقي)

Baca Juga: Hukum Syariah di Malaysia Diperkuat Incar Penghina Islam di Sosmed dan LGBT

“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena takut kepada Allah kecuali Allah akan memberimu (sesuatu) yang lebih baik daripadanya.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi, hadits shahih).

Allah Ta’ala berfirman,

وَوَهَبْنَا لِدَاوُودَ سُلَيْمَانَ نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ (30) إِذْ عُرِضَ عَلَيْهِ بِالْعَشِيِّ الصَّافِنَاتُ الْجِيَادُ (31) فَقَالَ إِنِّي أَحْبَبْتُ حُبَّ الْخَيْرِ عَنْ ذِكْرِ رَبِّي حَتَّى تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ (32) رُدُّوهَا عَلَيَّ فَطَفِقَ مَسْحًا بِالسُّوقِ وَالْأَعْنَاقِ (33)

“Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat ta’at (kepada Tuhannya). (Ingatlah) ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore, maka ia berkata: “Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan”. “Bawalah semua kuda itu kembali kepadaku”. Lalu ia potong kaki dan leher kuda itu.” (QS.Sad: 30-33).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya