Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Lengkap dengan Keutamaannya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 616 2430845 tata-cara-sholat-tahiyatul-masjid-lengkap-dengan-keutamaannya-5PRQuhWmtn.jpg Ilustrasi tata cara sholat tahiyatul masjid. (Foto: Freepik)

TATA cara sholat tahiyatul masjid beserta niat dan keutamaannya wajib diketahui setiap Muslimin. Pasalnya, ini salah satu ibadah sunah yang dianjurkan, selain sholat wajib lima waktu.

Sholat tahiyatul masjid merupakan sholat sunnah sebagai bentuk penghargaan terhadap masjid yang didatangi. Muslim yang memasuki masjid dan akan melaksanakan ibadah sholat lima waktu disunahkan menunaikan sholat ini.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud, Lengkap dengan Doanya 

Hal ini sesuai sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ – رواه أحمد عن أبي هريرة

Artinya: "Apabila salah seorang di antara kamu masuk masjid, maka janganlah ia duduk sehingga ia melaksanakan sholat dua rakaat." (HR Ahmad dari Abu Hurairah)

Sesuai sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tersebut, sholat tahiyatul masjid memang sebaiknya dilaksanakan segera setelah seseorang mendatangi masjid. Ibarat bertamu ke rumah seseorang, tentu sebaiknya kita mengucapkan salam atau sapa terhadap tuan rumah terlebih dahulu sebelum dipersilahkan untuk duduk.

Sebagaimana MNC Portal rangkum, adapun tata cara pengerjaan sholat ini perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Nawawi Al Bantani berikut ini:

وهي ركعتان قبل الجلوس لكل داخل متطهرمريد الجلوس فيه لم يشتغل بها عن الجماعة ولم يخف فوت راتبة، ولا تسن للخطيب إذا خرج للخطبة، ولا لمن دخل آخر الخطبة بحيث لو فعل التحية فاته أول الجمعة مع الإمام

Artinya: "Sholat tahiyatul masjid adalah sholat dua rakaat sebelum duduk bagi orang yang masuk masjid dalam kondisi suci dan ingin duduk, serta tidak khawatir tertinggal sholat berjamaah dan sholat sunah rawatib. Sholat tahiyatul masjid tidak disunahkan bagi khatib yang mau langsung khotbah, dan tidak disunahkan juga bagi orang yang masuk masjid pada khotbah terakhir, karena dapat dipastikan kalau mengerjakan tahiyatul masjid dulu maka Sholat Jumat bersama imam akan luput."

Baca juga: Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Jadi Waktu Terbaik Berdoa 

Berdasarkan penjelasan yang tertuang dalam Kitab Nihayatuz Zen tersebut dapat dipahami bahwa pengerjaan sholat tahiyatul masjid menjadi tidak sunah bagi khatib yang masuk masjid dan akan langsung memberikan khotbah atau ceramah.

Selain itu bagi jamaah Sholat Jumat yang datang di akhir waktu khotbah juga sebaiknya tidak menjalankan sholat tahiyatul masjid karena dikhawatirkan akan terpotong atau tertinggal sholat fardunya bersama imam.

Tata cara sholat tahiyatul masjid sama seperti melaksanakan sholat sunah pada umumnya yakni diawali dengan membaca niat dalam hati.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Selain sebagai bentuk memakmurkan masjid, keutamaan sholat tahiyatul masjid bagi yang melaksanakannya adalah akan mendapatkan pahala berlipat.

Di dalam kitab Sahihain disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda:

"صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّف عَلَى صِلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ، خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا.

Artinya: "Sholat seseorang dalam jamaah, pahalanya berkali lipat sholat di dalam rumahnya, dan di dalam pasarnya sebanyak 25 kali lipat."

Baca juga: Niat Sholat Dhuha, Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya 

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan makna hadis tersebut yakni apabila seseorang berwudu dengan baik, lalu berangkat ke masjid tanpa niat lain kecuali hanya melakukan sholat di masjid, maka tidaklah ia melangkah satu kali langkah melainkan ditinggikan baginya pahala 1 derajat dan dihapuskan darinya 1 dosa.

Apabila ia telah menunaikan sholatnya, para malaikat terus-menerus memohonkan ampun baginya selama ia masih berada di tempat salatnya, "Ya Allah, ampunilah dia dan rahmatilah dia." Dia telah berada dalam sholatnya selagi ia menunggu kedatangan waktu sholat itu.

Oleh karena itu, Muslim yang masuk masjid disunahkan langsung mengerjakan sholat tahiyatul masjid sebelum duduk sambil menunggu dimulainya sholat fardhu berjamaah.

Wallahu a’lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya