Tata Cara Sholat Sunah Qobliyah, Ketahui Juga Keutamaannya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 616 2430869 tata-cara-sholat-sunah-qobliyah-ketahui-juga-keutamaannya-IAttmI3uIb.jpg Ilustrasi tata cara sholat sunah qobliyah. (Foto: Shutterstock)

TATA cara sholat sunah qobliyah perlu diketahui setiap Muslim. Sholat qobliyah dikerjakan sebelum sholat wajib. Sementara sholat badiyah dilaksanakan sesudah menunaikan sholat wajib.

Lalu secara keseluruhan, sholat sunah rawatib terdiri dari 12 rakaat yang diutamakan atau sunnah muakkad. Selain itu ada sholat sunah rawatib ghoiru muakkad yaitu sholat sunah yang tidak terlalu ditekankan pengamalannya namun sebaiknya tetap dikerjakan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Lengkap dengan Keutamaannya 

Tata Cara dan Niat Sholat Qobliyah

Niat sholat qobliyah maupun badiyah adalah di dalam hati. Ini tidak berbeda dengan sholat fardu. Setelah berniat , lanjut melaksanakan rukun sholat seperti sholat sunah dan fardhu pada umumnya, yaitu dimulai takbiratul ikhram hingga ditutup tahiyat dan salam.

Keutamaan Sholat Qobliyah

Sholat qobliyah maupun badiyah memiliki keutamaan yang sangat besar. Bahkan konon Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak pernah meninggalkan sholat sunah ini walau dalam keadaan bepergian sekalipun.

Beberapa dalil mengenai keutamaannya adalah sebagai berikut:

- Dibangunkan rumah di surga

Seperti dikutip dari laman Rumaysho, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

Artinya: "Barangsiapa merutinkan sholat sunah 12 rakaat dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas rakaat tersebut adalah 4 rakaat sebelum zuhur, 2 rakaat sesudah zuhur, 2 rakaat sesudah maghrib, 2 rakaat sesudah Isya, dan 2 rakaat sebelum subuh." (HR Tirmidz Nomor 414, dari ‘Aisyah. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud, Lengkap dengan Doanya 

- Diharamkan siksa api neraka

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ

Artinya: "Siapa saja yang menjaga 4 rakaat sebelum zuhur dan 2 rakaat setelahnya, maka Allah mengharamkannya atas siksa neraka." (HR At-Tirmidzi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun secara khusus untuk sholat qobliyah yang dilaksanakan sebelum Sholat Subuh juga memiliki keistimewaannya tersendiri, yaitu bagai memperoleh dunia dan seisinya. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam hadis berikut:

رَكعَتَا الْفجْر خير من الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: "Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan isinya." (HR Muslim dan At-Tirmidzi)

Demikian pemaparan mengenai tata cara, niat, serta keutamaan dari sholat qobliyah dan badiyah. Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Jadi Waktu Terbaik Berdoa 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya