Share

Pernikahan yang Dilarang Menurut Islam, Nomor 3 Nikah Mut'ah Alias Kawin Kontrak (1)

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 330 2433219 pernikahan-yang-dilarang-menurut-islam-nomor-3-nikah-mut-ah-alias-kawin-kontrak-O6R4rFZAXb.jpg Penikahan menurut Islam. (Foto: Freepik)

PERNIKAHAN menurutย Islam adalah sebuah ibadah sunah. Namun Allah Ta'ala pun tidak membiarkan para hamba-Nya hidup tanpa aturan dalam soal menikah. Ada pernikahan yang dilarang Islam, ada juga yang diperbolehkan.

Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas menjelaskan ada 13 jenis pernikahan yang dilarang. Okezone akan menghadirkan tulisan Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dalam tiga bagian.

Adapun nikah yang dilarang dalam Islam yakni

1. Nikah Syighar

Definisi nikah ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam:ย 

ูˆูŽุงู„ุดูู‘ุบูŽุงุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ู„ูู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู: ุฒูŽูˆูู‘ุฌู’ู†ููŠ ุงุจู’ู†ูŽุชูŽูƒูŽ ูˆูŽุฃูุฒูŽูˆูู‘ุฌููƒูŽ ุงุจู’ู†ูŽุชููŠ ุฃูŽูˆู’ ุฒูŽูˆูู‘ุฌู’ู†ููŠ ุฃูุฎู’ุชูŽูƒูŽ ูˆูŽุฃูุฒูŽูˆูู‘ุฌููƒูŽ ุฃูุฎู’ุชููŠ.

โ€œNikah syighar adalah seseorang yang berkata kepada orang lain, โ€˜Nikahkanlah aku dengan puterimu, maka aku akan nikahkan puteriku dengan dirimu.โ€™ Atau berkata, โ€˜Nikahkanlah aku dengan saudara perempuanmu, maka aku akan nikahkan saudara perempuanku dengan dirimu.โ€

Baca Juga:ย 6 Nasihat Ulama Kota Madinah Menghadapi Virus Covid-19

Dalam hadits lain, beliau shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:ย 

ู„ุงูŽ ุดูุบูŽุงุฑูŽ ูููŠ ุงู’ู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู.

โ€œTidak ada nikah syighar dalam Islam.โ€

Hadits-hadits shahih di atas menjadi dalil atas haram dan tidak sahnya nikah syighar. Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam tidak membedakan, apakah nikah tersebut disebutkan mas kawin ataukah tidak.

2. Nikah Tahlil

Yaitu menikahnya seorang laki-laki dengan seorang wanita yang sudah ditalak tiga oleh suami sebelumnya. Lalu laki-laki tersebut mentalaknya. Hal ini bertujuan agar wanita tersebut dapat dinikahi kembali oleh suami sebelumnya (yang telah mentalaknya tiga kali) setelah masa โ€˜iddah wanita itu selesai.

Baca Juga:ย Benarkah Rambut Nabi Muhammad SAW Panjang hingga Menyentuh Bahu

Nikah semacam ini haram hukumnya dan termasuk dalam perbuatan dosa besar. Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:ย 

ู„ูŽุนูŽู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูุญูŽู„ูู‘ู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุญูŽู„ู‘ูŽู„ูŽ ู„ูŽู‡ู.

โ€œRasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam melaknat muhallil dan muhallala lahu.โ€

3. Nikah Mutโ€™ah

Nikah mutโ€™ah disebut juga nikah sementara atau nikah terputus. Yaitu menikahnya seorang laki-laki dengan seorang wanita dalam jangka waktu tertentu; satu hari, tiga hari, sepekan, sebulan, atau lebih.

Melansir laman Almanhaj pada Rabu (30/6/2021) disebutkan para ulama kaum muslimin telah sepakat tentang haram dan tidak sahnya nikah mutโ€™ah. Apabilah telah terjadi, maka nikahnya batal!

Telah diriwayatkan dari Sabrah al-Juhani radhiyal-laahu โ€˜anhu, ia berkata,ย 

ุฃูŽู…ูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุจูุงู„ู’ู…ูุชู’ุนูŽุฉู ุนูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ููŽุชู’ุญู ุญููŠู’ู†ูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ู’ู†ูŽุง ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุฎู’ุฑูุฌู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู†ูŽู‡ูŽุงู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง.

โ€œRasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam pernah memerintahkan kami untuk melakukan nikah mutโ€™ah pada saat Fat-hul Makkah ketika memasuki kota Makkah. Kemudian sebelum kami mening-galkan Makkah, beliau pun telah melarang kami darinya (melakukan nikah mutโ€™ah).โ€

Baca Juga:ย Mau Bersedekah, Seorang Bocah Muslim di Inggris Malah Dilaporkan ke Pengawas Teror

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:ย 

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู! ุฅูู†ูู‘ูŠ ู‚ูŽุฏู’ ูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽุฐูู†ู’ุชู ู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู’ู„ุงูุณู’ุชูู…ู’ุชูŽุงุนู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกูุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู.

โ€œWahai sekalian manusia! Sesungguhnya aku pernah mengijinkan kalian untuk bersenang-senang dengan wanita (nikah mutโ€™ah selama tiga hari). Dan sesungguhnya Allah telah mengharamkan hal tersebut (nikah mutโ€™ah) selama-lamanya hingga hari Kiamat.โ€

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini