Share

Fase Manusia Bisa Berbicara di Akhirat, Mulai Lantang hingga Tak Mampu Lagi karena Ketakutan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 330 2433457 fase-manusia-bisa-berbicara-di-akhirat-mulai-lantang-hingga-tak-mampu-lagi-karena-ketakutan-n6WTB22KyI.jpg Manusia bicara sekehendak hati di dunia. (Foto: Freepik)

MANUSIAย bisa saja berbicara sekehendak hati saat ruh masih menyatu dengan raga di dunia. Namun ingat jangan harap mereka yang lantang dan bersuara keras bisa melakukan hal itu lagi saat di akhirat kelak.ย ย 

Allah Ta'ala berfirman,

ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ู ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุทูู‚ููˆู†ูŽ ุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุคู’ุฐูŽู†ู ู„ูŽู‡ูู…ู’ ููŽูŠูŽุนู’ุชูŽุฐูุฑููˆู†ูŽ ุŒ ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ู„ูู„ู’ู…ููƒูŽุฐู‘ูุจููŠู†ูŽ

"Ini adalah hari, saat mereka tidak dapat berbicara, dan tidak diizinkan kepada mereka mengemukakan alasan agar mereka dimaafkan. Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan (kebenaran)." (QS. Al-Mursalat: 35-37)

Ustaz Dr. Firanda Andirja MA dalam Kelas UFA pada Rabu (30/6/2021) menyebutkan di akhirat kelak ada berbagai fase. Ada fase dimana mereka bersuara keras, ada fase mereka hanya berbisik-bisik karena ketakutan, dan ada fase dimana mereka tidak dapat lagi berbicara.

Baca Juga:ย Ketua MUI Sebut Ada 4 Tipe Manusia, Anda Nomor Berapa?

Ustaz Firanda juga menjelaskanย 

Allah Ta'ala berfirman,ย 

ุงู†ู’ุทูŽู„ูู‚ููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุธูู„ู‘ู ุฐููŠ ุซูŽู„ูŽุงุซู ุดูุนูŽุจู ุŒ ู„ูŽุง ุธูŽู„ููŠู„ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุบู’ู†ููŠ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽุจู

"Pergilah kamu mendapatkan naungan (asap api neraka) yang mempunyai tiga cabang, yang tidak melindungi dan tidak pula menolak nyala api neraka." (QS. Al-Mursalat: 30-31)

Ketika orang-orang musyrikin diadzab, mereka merasakan panas api yang sangat panas, maka mereka ingin ada naungan untuk mengurangi rasa panas yang mereka rasakan.

Baca Juga:ย Lendir Menumpuk di Paru-Paru, Pakai Resep Herbal Ustaz Zaidul

Akan tetapi yang Allah Ta'ala berikan adalah naungan berupa asap yang sangat panas yang mampu membakar mereka.

Saking panasnya Neraka Jahanam, api neraka mengeluarkan asap yang sangat tebal sampai dikira sebagai naungan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini