Kebiasaan Rasulullah SAW Sebelum Tidur Malam Berwudhu Zikir dan Berdoa

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 330 2433495 kebiasaan-rasulullah-saw-sebelum-tidur-malam-berwudhu-zikir-dan-berdoa-4mTMPiQjgT.jpg Berwudhu sebelum tidur. (Foto: Shutterstock))

AMALAN sebelum tidur yang dilakukan Rasulullah SAW adalah berwudhu, berzikir dan berdoa. Hal yang dilakukan Rasulullah ini menjadi amalan sunah dan patut ditiru umatnya. 

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, sebelum tidur Rasulullah selalu melakukan hal-hal untuk menjaga dirinya ketika sedang terjaga di malam hari. Salah satunya adalah membersihkan diri terlebih dahulu dengan cara berwudhu.

Rasulullah SAW bersabda, 

Baca Juga: Lendir Menumpuk di Paru-Paru, Pakai Resep Herbal Ustaz Zaidul

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya: "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’" (HR. Ibn Hibban).

"Orang yang sebelum tidur dan mensucikan dirinya dengan cara berwudhu, berdoa serta berzikir seperti Rasulullah, maka doanya tidak akan tertolak atau diijabah oleh Allah SWT," katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu. 

مَا مِنْ عَبْدٍ بَاتَ عَلَى طُهُوْرٍ ثُمَّ تَعَارُ مِنَ اللَّيْلِ فَسَأَلَ اللَّه مِنْ أَمْرِالدُّنْيَا اَوْ مِنْ أَمْرِ اْلآخِرَةِإِلاَّ أَعْطَاهُ

Baca Juga: Fase Manusia Bisa Berbicara di Akhirat, Mulai Lantang hingga Tak Mampu Lagi karena Ketakutan

Artinya: "Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun padamalam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya". (Ibnu Majah).

Sementara dalam hadis lain disebutkan doa sebelum tidur yang umum dibaca oleh umat Islam

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati". (HR.Bukhari dan Muslim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya