Kurban di Daerah Sendiri atau Mengirim ke Wilayah Lain, Mana Lebih Baik?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 330 2435759 kurban-di-daerah-sendiri-atau-mengirim-ke-wilayah-lain-mana-lebih-baik-wsrE2yM1Ue.jpg Hewan kurban. (Foto: Okezone/Dok)

KURBAN adalah satu bentuk nyata keimanan seseorang apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Nah, tentang hal ini cukup banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara berkurban yang paling baik.

Misalnya mana yang lebih baik berkurban di daerah sendiri atau mengirim berkurban di daerah lain yang sangat miskin dan mereka lebih membutuhkan daging.

Beriku penjelasan Syaikh Ustman Al-Khumais hafidzahullah,

Baca Juga: Aturan Kurban Sapi untuk 7 Orang, Patungan Dinilai Jadi Solusi

"Qurban yang terbaik adalah:

1. Engkau berkurban di negerimu (di daerahmu, daripada mengirim qurban di daerah lain, pent)

2. Engkau berkurban dengan hartamu sendiri

3.Engkau menyembelih sendiri kurbanmu (daripada diwakilkan, pent)

4. Engkau membagikan sendiri daging kurbanmu

5. Engkau bagi menjadi tiga bagian, sepertiga untukmu, sepertiga untuk hadiah (orang kaya) dan sepertiga untuk sedekah (untuk orang miskin)

Baca Juga: Apakah Boleh Patungan Hewan Kurban Kambing atau Domba?

"Perlu diperhatikan bahwa penjelasan di atas adalah hukum asal dari cara yang terbaik apabila kita ingin berqurban. Apabila ada suatu kebutuhan tertentu atau ada alasan tertentu kita boleh keluar dari hukum asal cara terbaik ini," ujar ustaz dr Raenul Bahraen dalam akun [email protected]_bahraen dikutip pada Senin (5/7/2021).

Demikian juga pertanyaan mana yang lebih baik, berkurban di daerah sendiri atau daerah luar yang miskin dan membutuhkan, maka jawabannya tetap saja yang terbaik berkurban di daerah sendiri karena lebih bermanfaat bagi orang di sekitar kita serta membangun hubungan sosial yang baik dengan hadiah dan sedekah kita pada orang di sekitar kita.

Pada keadaan tertentu, kita boleh berqurban di luar negeri atau di luat daerah kita dengan pertimbangan mashlahat yang lebih baik. Misalnya di daerah kita sudah sangat banyak yang berkurban dan masyarakatnya banyak yang mampu, maka boleh kita berqurban di luar daerah/negeri yang miskin dan membutuhkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya