Muzzaki Didominasi Generasi Milenial Pertanda Kebangkitan Zakat di Indonesia

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 614 2436688 muzzaki-didominasi-generasi-milenial-pertanda-kebangkitan-zakat-di-indonesia-bRJdWXiHql.jpeg Muzakki di Indonesia kini tumbuh menjadi 60 persen. (Foto:Shutterstock)

JAKARTA - Muzakki atau orang yang membayar zakat saat ini didominasi generasi milenial sebanyak 60 persen dan ini menandakan di masa depan akan terjadi kebangkitan zakat

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor mengatakan, menurut data Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (Puskas Baznas) Tahun 2020, muzaki saat ini didominasi milenial sebanyak 60 persen.

Baca Juga: Hewan Kurban Disyaratkan Harus Berumur 2 Tahun, Benarkah?

“Muzaki yang saat ini didominasi milenial menandakan di masa depan akan terjadi kebangkitan zakat,” katanya melansir laman Kemenag pada Rabu (7/7/2021).

Tarmizi menyatakan, salah satu penyebab tingginya muzaki dari kalangan milenial adalah penghimpunan zakat secara digital.

Baca Juga: Hukum Mengkhususkan Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah Hadisnya Sahih atau Palsu, Ini Penjelasan Ulama

“Transformasi yang dilakukan lembaga zakat menghadapi kemajuan zaman dengan digitalisasi menandakan mereka siap menghadapi kebangkitan zakat,” ujarnya.

Tarmizi mengaku bangga karena anak-anak muda bergerak menjadi orang yang baik. Ketika gerakan zakat tumbuh, optimisme masa depan Indonesia akan bertambah baik.

“Artinya optimisme ini luar biasa. Dari kecil sudah memikirkan sesama,” pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya