Share

Jamaah Haji 2021 Akan Banyak Dilayani Robot

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 614 2441091 jamaah-haji-2021-akan-banyak-dilayani-robot-dCM4NjIzOf.jpg Jamaah haji 2021 akan banyak dilayani robot. (Foto: Saudigazette)

MAKKAH - Jamaah ibadah haji 2201 akan banyak dilayani oleh robot yang disiapkan otoritas Arab Saudi. Saat ini Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mengintensifkan penggunaan kecerdasan buatan tersebut di Masjidil Haram sebagai cara tindakan pencegahan penularan Covid-19 yang ketat.

Robot nantinya disiapkan melayani jamaah haji salah satunya saat distribusi air Zamzam yang diberkati di Masjidil Haram.

Saudi Press Agency melaporkan, Kepresidenan semakin menggunakan robot untuk sterilisasi, pengendalian epidemi, dan distribusi air Zamzam.

Baca Juga: Pakaian Ihram Jamaah Haji 2021 Terbuat dari Kain Katun dan Serat Nano

Mengomentari meningkatnya penggunaan robot, Asisten Direktur Urusan Teknis dan Layanan, Mansour Al-Mansoori mengatakan, bahwa kepresidenan sebagai bagian dari rencana pengembangan komprehensifnya tahun 2024 berusaha untuk mengimbangi Visi Kerajaan 2030 dengan penggunaan teknologi modern dan teknologi kecerdasan buatan dalam pelayanan Dua Masjid Suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Lebih lanjut dia mengatakan kecerdasan buatan digunakan dalam mengoperasikan robot di dalam Masjidil Haram sesuai dengan peta yang diprogram melalui Google Map, mencakup semua bagian masjid, termasuk halaman Mataf, Al-Masaa, dan semua fasilitasnya.

Baca Juga: Akses ke Kota Makkah Diperketat, Jamaah Haji Tanpa Izin Tak Diperkenankan Masuk

Melansir Saudigazette pada  Kamis (15/7/2021),  Al-Mansoori menunjukkan bahwa kepresidenan secara aktif mencari manfaat dari inovasi dan teknologi untuk menyediakan layanan kelas dunia dan terbaik.

Sementara itu, Direktur Kantor Kecerdasan Buatan di Kepresidenan, Sinan Al-Turkistani, menyatakan bahwa kepresidenan telah mengikuti tren Kerajaan menuju pengembangan teknis dan digital dan minatnya pada teknologi robot dengan memperkenalkan kantor yang berspesialisasi dalam data dan kecerdasan buatan.

Dia menambahkan bahwa kantor tersebut tertarik untuk mengembangkan inisiatif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman para jamaah saat melakukan ritual mereka dengan mempelajari dan memanfaatkan teknik untuk mengidentifikasi bahasa dengan suara, gambar dan panas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini