Jamaah Haji Khusyuk Wukuf di Arafah dengan Protokol Kesehatan Ketat

Hantoro, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 614 2442988 jamaah-haji-khusyuk-wukuf-di-arafah-dengan-protokol-kesehatan-ketat-ga7YYcFJMY.jpg Jamaah haji khusyuk wukuf di Arafah. (Foto: Reuters)

RIBUAN jamaah haji bermasker telah berkumpul melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada hari ini, 9 Dzulhijjah 1442 Hijriah atau bertepatan Senin 19 Juli 2021. Ini menjadi puncak ibadah dan syarat sahnya haji.

Para jamaah haji khusyuk beribadah, mohon pengampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala atas dosa-dosa yang pernah diperbuat. Tidak lupa, berdoa agar pandemi covid-19 segera berakhir. Demikian dikutip dari Arabnews, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Bermalam di Muzdalifah, Jamaah Haji Bergerak dari Padang Arafah Setelah Matahari Tenggelam 

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi memutuskan ibadah haji tahun ini dilakukan secara terbatas. Hanya untuk 60.000 orang yang terdiri dari warga lokal dan ekspatriat yang berdomisili di dalam Kerajaan Arab Saudi.

Jamaah haji wukuf di Arafah. (Foto: Twitter @Imarat_Almadina)

Para jamaah berusia 18 hingga 65 tahun. Mereka telah mendapat vaksin covid-19 secara lengkap, atau pulih dari virus corona, dan tidak memiliki penyakit kronis. Selanjutnya belum pernah menunaikan ibadah haji dan memiliki fisik yang kuat.

"Ini adalah perasaan yang tidak terlukiskan bahwa saya terpilih di antara jutaan orang untuk menghadiri haji. Saya berdoa agar Allah mengakhiri masa-masa sulit yang dialami seluruh dunia akibat virus corona," kata Um Ahmed, seorang jamaah asal Palestina yang tinggal di Riyadh ibu kota Arab Saudi, dan mengatakan dia kehilangan empat anggota keluarga karena virus tersebut.

Baca juga: Khotbah Arafah 2021 Disampaikan Syekh Baleelah 

Pada tahun-tahun sebelumnya, lebih dari 2 juta jamaah biasa memenuhi Gunung Rahmat di dataran Arafah. Mereka duduk berdekatan di tengah panasnya gurun Kota Makkah, membawa payung dan kipas angin agar tetap sejuk saat suhu naik menuju 40 derajat Celsius. (104 derajat Fahrenheit).

Tahun ini jamaah haji, sambil mengenakan kain ihram putih yang menandakan keadaan suci, juga harus menjaga jarak sosial dan memakai masker saat wukuf di Gunung Arafah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Gunung Arafah merupakan tempat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassllam memberikan khotbah terakhirnya.

"Doa yang pertama adalah memohon kepada Allah untuk mengangkat pandemi ini, wabah penyakit ini, dan kesedihan ini untuk seluruh umat manusia dan bagi umat Islam, sehingga di tahun-tahun berikutnya mereka dapat menghadiri haji dan jutaan untuk mengisi ulang tempat-tempat suci ini," ujar Maher Baroody, jamaah haji asal Suriah.

Baca juga: Tiba di Arafah, Jamaah Haji Siap Laksanakan Puncak Ibadah Wukuf 

Jamaah haji wukuf di Arafah. (Foto: SPA/Arabnews)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya