Personel Keamanan Wanita Tak Kalah Sigap untuk Memastikan Ibadah Haji Bebas Insiden

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 614 2444519 personel-keamanan-wanita-tak-kalah-sigap-untuk-memastikan-ibadah-haji-bebas-insiden-5Z6OY4d7W7.jpg Personel keamanan wanita pada pelaksanaan ibadah haji 2021. (Foto: Saudigazette)

PERSONEL keamanan pelaksanaan ibadah haji 2021 bukan saja didominasi kaum pria saja. Personel wanita pun dilibatkan untuk memastikan haji yang bebas insiden tahun ini.

Dalam balutan  seragam militer, mereka telah memikul berbagai tugas dan melaksanakan misi keselamatan di tempat-tempat suci sepanjang waktu. Beberapa dari mereka bertugas untuk memastikan keamanan tenda-tenda jamaah haji. Sementara yang lain ditempatkan untuk mencegah dan melindungi tenda-tenda dari kebakaran. Ada juga yang memantau fungsi alat pemadam kebakaran dan peralatan listrik.

Baca Juga: Presiden Vladimir Putin Sebut Islam Memperkuat Kerukunan Rusia

Melansir laman Saudigazette pada Kamis (22/7/2021), personel wanita juga mengawasi misi pencegahan dan penyelamatan sepanjang waktu karena mereka dilatih untuk menangani teknologi modern, menangani kasus-kasus darurat dan bekerja mengaturtur inspeksi sepanjang hari-hari haji. Hebatnya lagi mereka memahami dan menggunakan aplikasi modern yang memfasilitasi operasi pemantauan.

Upaya pengamanan yang dipimpin oleh Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil selama musim haji bertujuan untuk memanfaatkan semua kemampuan manusia dan teknis untuk memastikan keselamatan secara keseluruhan.

Direktorat menggunakan tim khusus yang dilengkapi dengan teknologi dan peralatan terbaru untuk menanggapi setiap peristiwa darurat, serta menyiapkan rencana komprehensif untuk menghadapi situasi darurat apa pun.

Tim ini juga bekerja sama dengan Pusat Meteorologi Nasional, untuk mempelajari prakiraan cuaca dan kemungkinan kondisi cuaca hujan atau sangat panas sehingga situasi dapat ditangani dengan lancar mengikuti prosedur cepat.

Baca Juga: 17 Jamaah Disabilitas Dapat Kesempatan Menunaikan Ibadah Haji

Direktorat membuat persiapan untuk menghadapi kemungkinan skenario darurat, melakukan latihan tiruan untuk mengukur efektivitas rencana dan operasinya.

Sementara tim pusat respons cepat ditempatkan di seluruh Makkah dan tempat-tempat suci yang didalamnya terdapat tim pemadam kebakaran dan penyelamatan, tim intervensi cepat dan tim pengawasan pencegahan.

Mereka bekerja untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dan aman bagi para peziarah, berkoordinasi dengan semua sektor yang bekerja untuk melayani jamaah haji.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya