Saat Musim Panas Ada Negeri "di Atas Awan" Arab Saudi

Muhaimin, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 614 2448801 saat-musim-panas-ada-negeri-di-atas-awan-arab-saudi-KS39yht0ns.jpg Ada negeri di atas awan saat musim Panas di Arab Saudi. (Foto: SPA)

ADA "negeri di atas awan" saat musim panas di Arab Saudi. Nah, fenomena cuaca di mana awan rendah menggantung di bawah pegunungan di wilayah Asir, Arab Saudi menjadi daya tarik ratusan pendaki dan turis lokal berdatangan.

Mereka menikmati pemandangan "negeri di atas awan" saat musim panas saat ini. Pakar iklim, Profesor Abdullah al-Misnad, mengatakan kepada Saudi Press Agency (SPA)bahwa penjelasan ilmiah untuk fenomena ini terkait dengan mekanisme pembentukan kabut dan awan.

Baca Juga:  Sholat-Sholat Sunah Sebelum dan Sesudah Sholat Wajib, Lengkap Beserta Dalilnya

“Mekanisme pembentukannya hampir sama, tetapi kabut berada tepat di atas permukaan bumi, sedangkan awan tinggi di langit, dan karena puncak Pegunungan Sarawat berada di atas 2.000 meter di atas permukaan laut, sebagian mereka adalah 2.500 meter, dan beberapa di antaranya sekitar 3.000 meter, puncak-puncak ini dikelilingi oleh lembah-lembah yang dalam yang kadang-kadang membentuk di atasnya awan rendah—ketika kondisinya terpenuhi—yang kadang-kadang menyentuh puncak gunung-gunung tinggi, seperti al-Sawdah Park,” kata al-Misnad yang dilansir Sabtu (31/7/2021).

 Al-Misnad mengatakan bahwa kabut adalah tetesan air kecil yang terlihat menggantung di udara, dan itu dianggap awan rendah langsung di atas permukaan bumi.

Baca Juga: Ghurur Penyakit Berbahaya, Terlalu Percaya Diri dengan Kemampuan yang Dimiliki

Menurutnya, kabut terbentuk oleh kondensasi uap air yang tersuspensi di atmosfer ketika suhu turun ke (atau) di bawah derajat embun atau kejenuhan (yaitu suhu di mana uap air mengembun), dan kabut terjadi di lapisan atmosfer yang lebih rendah, yaitu di atas permukaan bumi dan meluas hingga ketinggian yang kadang-kadang mencapai 1.000 meter.

 Kabut, lanjut dia, meningkat di pedesaan dan dekat badan air, dan setelah hujan lebat diikuti dengan penurunan suhu hingga tingkat embun atau titik kondensasi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya