Berangkat Umrah Jamaah Indonesia Diperkirakan Keluarkan Biaya hingga Rp60 Juta

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 614 2452849 berangkat-umrah-jamaah-indonesia-diperkirakan-keluarkan-biaya-hingga-rp60-juta-m8eKj8l9lH.jpg Berangkat umrah jamaah Indonesia keluarkan uang Rp60juta. (Foto: Okezone/Dok)

JAKARTA - Jamaah Umrah Indonesia belum diizinkan masuk oleh otoritas Arab Saudi mengingat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Namun jika nantinya Arab Saudi sudah mengizinkan jamaah masuk, berapakah kira-kira biaya perjalanan umrah yang harus dikeluarkan tiap jamaah.

Dari kalkulasi hitungan  Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) diperkirakan biaya perjalanan umrah mencapai Rp60 juta. Sementara saat situasi normal kisaran Rp20 juta-an. Hal ini mengingat dari situasi dan kondisi saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Umum AMPHURI, Bungsu Sumawijaya menuturkan, persyaratan biaya penyelenggaraan umrah 1443 H bisa membuat biaya yang dikeluarkan jamaah meningkat hingga tiga kali lipat.

Baca Juga: Jamaah Umrah Mulai Hari Ini Secara Bertahap Memasuki Arab Saudi

"Akan ada penurunan jamaah, biaya juga jadi tiga kali lipat. Jadi contohnya harga paket yang awalnya 20 juta bisa hampir 60 juta, kita masih ada hidden cost disitu. Pergi misal sakit covid-19 disana, jadi biaya tambahan lagi," kata Bungsu dalam sebiah program Market Review IDX Channel di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga: Ibadah Umrah Mulai Hari Ini, Jamaah Indonesia Belum Diizinkan Masuk Arab Saudi

Untuk kemungkinan jamaah yang berangkat, pihak AMPHURI mencoba kirim sekitar 1-2 grup untuk tahun ini. Maka itu pihaknya meminta pemerintah Arab Saudi memberi keringanan dalam persyaratan.

Untuk mekanisme pelaksanaan umrah , Bungsu mengatakan, dengan 1-2 grup itu yang akan berangkat adalah pemilik atau petugas travelnya. Hal itu karena untuk melakukan antisipasi bagaimana keadaan dan kondisi untuk jamaah ke depannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Kemungkinan besar seperti kejadian awal pandemi yang berangkat pemilik atau petugas travel, jadi bisa melakukan antisipasi untuk jemaah kedepannya," ujar dia.

Pihak AMPHURI juga melakukan pendampingan yang jelas pada pelaksanaan mulai dari proses pendaftaran hingga balik ke Tanah Air.

"Hanya memang kita tetap mengharapkan keringanan dari Arab Saudi untuk protokol kesehatan dan prosedur sehingga tidak usah karantina 14 hari di negara transit. Jadi waktu lebih singkat dan segi biaya tidak naik tinggi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya