Ustadz Khalid Basalamah: Bila Manusia Selamat Itu karena Allah Ta'ala

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 330 2454449 ustadz-khalid-basalamah-bila-manusia-selamat-itu-karena-allah-ta-ala-aLe9v8JFcp.jpg Ustadz Khalid Basalamah. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan manusia hidup di dunia bukan tanpa cobaan. Banyak orang mungkin kerapkali mengalami masalah. Baik itu ketidakharmonisan keluarga, menderita penyakit, kesulitan ekonomi, kecelakaan lalu lintas, maupun masalah kehidupan lainnya.

Namun, terang Ustadz Khalid Basalamah, ujian tersebut tidak Allah Subhanahu wa ta'ala berikan secara terus-menerus. Ada beberapa dari mereka yang bahkan selamat dari kecelakaan lalu lintas meski kejadian itu hampir saja menimpanya.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Waktu Terbaik Istigfar dan Mohon Ampunan Dosa 

Selain itu, ada juga beberapa dari mereka yang hampir terjerumus oleh godaan setan, namun ia memilih untuk menjauhkan larangan tersebut. Hal itu bukanlah tanpa alasan, melainkan Allah Subhanahu wa ta'ala yang menyelamatkannya.

Ustadz Khalid Basalamah melalui unggahan video di akun YouTube resminya mengatakan sekiranya tidaklah karena karunia Allah Subhanahu wa ta'ala dan rahmat-Nya, tidak seorang pun dapat terbebas dari perbuatan keji maupun dari cobaan hidup.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Berdoa? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah 

Hal tersebut tertuang dalam kitab suci Alquran Surah An-Nur (24) Ayat 21:

۞ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ وَمَن يَتَّبِعْ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَإِنَّهُۥ يَأْمُرُ بِٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۚ وَلَوْلَا فَضْلُ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُۥ مَا زَكَىٰ مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ يُزَكِّى مَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ya ayyuhallazina amanu la tattabi'u khutuwatisy-syaitan, wa may yattabi' khuṭuwatisy-syaitani fa innahu ya'muru bil-fahsya'i wal-mungkar, walau la fadlullahi 'alaikum wa rahmatuhu ma zaka mingkum min ahadin abadaw wa lakinnallaha yuzakki may yasya', wallahu sami'un 'alim

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barang siapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Khalid Basalamah melanjutkan, "Jadi Allah yang ingin menyelamatkan kalian. Termasuk bapak/ibu kita sekarang hari ini pelajari pada pagi ini. Ini dengan kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala."

"Kalau kita tidak Allah izinkan hidup hari ini membahas sama-sama, maka mungkin tidak sampai informasinya kepada kita," sambungnya.

Baca juga: Keutamaan Menuntut Ilmu Mendapat Derajat Tinggi di Sisi Allah Ta'ala 

Akan tetapi, lanjut Ustadz Khalid, Allah Azza wa jalla membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui.

"Jadi kalaupun kalian terselamatkan dari setan, maka yang selamatkan adalah Allah Subhanahu wa ta'ala," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya