Kapan Waktu Terbaik Berdoa? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 07:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 330 2451116 kapan-waktu-terbaik-berdoa-ini-penjelasan-ustadz-khalid-basalamah-00PAuDZSZU.jpg Ilustrasi waktu terbaik berdoa. (Foto: Freepik)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan berdoa merupakan momen ketika seorang hamba berkomunikasi dan meminta kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengisyaratkan kepada setiap Muslim untuk selalu memanjatkan doa dan meminta perlindungan kepada Allah Azza wa jalla dalam segala hal.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: "Dan Rabbmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS Al Mu’min: 60)

Baca juga: Keistimewaan Hari Jumat, Waktu Mustajabnya Berdoa 

Rupanya ada waktu-waktu terbaik agar doa dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Hal tersebut dijelaskan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya tentang waktu mustajab berdoa.

Berikut delapan waktu terbaik untuk berdoa, seperti dirangkum dari tausiyah Ustadz Khalid Basalamah, Kamis (5/8/2021).

1. Sepertiga malam

Waktu mustajab untuk berdoa di urutan pertama adalah sepertiga malam. Ustadz Khalid Basalamah mengutip hadis Imam Bukhari dan Muslim:

"Allah tabaaraka wa ta’ala turun setiap malam ke langit bumi, ketika malam tersisa sepertiga terakhir. Ia berkata, 'Adakah yang memohon kepada-Ku agar Aku kabulkan. Adakah yang meminta kepada-Ku agar Aku berikan. Adakah yang memohon ampun agar Aku ampuni'."

2. Saat sujud di sholat sunah

Waktu kedua adalah ketika seorang hamba berdoa saat sujud di sholat sunah. "Di sholat-sholat sunah ini umumnya ulama membolehkan (untuk berdoa)," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Seorang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya adalah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR Muslim)

"Karena sangat jarang doa ditolak pada saat seseorang sedang sujud," ujar Ustadz Khalid menambahkan.

3. Salam terakhir dalam sholat

Selanjutnya adalah saat salam terakhir dalam sholat. Ustadz Khalid menganjurkan untuk meminta kepada Allah Subhanahu wa ta'ala setelah melantunkan doa-doa yang telah diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Setelah doa itu selesai, barulah menyampaikan hajat kepada Allah Ta'ala. "Boleh berdoa apa saja, sebelum salam," imbuhnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Hafiz dan Hafizah Doakan Indonesia Segera Pulih dari Pandemi 

4. Saat berpuasa

Ketika beribadah puasa, dianjurkan juga untuk berdoa. Sebab, itu adalah waktu terbaik untuk berdoa. Misalnya saat menjalani puasa sunah Senin-Kamis.

"Pada saat puasa, doa mustajab, dari mulai sahur sampai menjelang berbuka puasa. Ada juga hadis yang mengatakan, (doa mustajab) pada saat menjelang buka puasa," kata Ustadz Khalid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Ketika menjadi musafir

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan semua musafir diijabah doanya. Syaratnya, dia menjadi musafir bukan untuk kemaksiatan, menipu orang lain, atau bukan untuk berzinah.

"Misalnya, lagi di kereta api, di bus, di kapal, berdoalah, angkat tangan sebentar, 5 sampai 10 menit. Kata Nabi Shallallahu alaihi wassallam: Orang yang berpuasa dan musafir tidak akan ditolak doanya," ujar Ustadz Khalid.

6. Ketika hujan turun

Berikutnya adalah ketika turun hujan. Dalam ceramahnya, Ustadz Khalid menceritakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pernah mengajak untuk berdoa ketika hujan turun di Madinah.

Ibnu Qudamah dalam Kitab Al Mughni juga menjelaskan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun."

Baca juga: Doa Setelah Wudhu Amalan Ringan Dapat Menambah Pundi Pahala 

7. Antara azan dan iqamah

Seperti hadis yang disebutkan sebelumnya, menjelang sholat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Ustadz Khalid menyebut itu adalah waktu di antara azan dan iqamah. Dia mengajurkan untuk menyempatkan berdoa di antara dua waktu itu.

"Kita menjalani sholat wajib lima waktu, jadi kita punya lima waktu mustajab untuk berdoa dan diterima sama Allah," kata dia.

8. Hari Jumat

Terakhir adalah di hari Jumat. Hari Jumat adalah waktu yang baik untuk berdoa. "Dalam riwayat Imam Muslim, kata Nabi Shallallahu alaihi wassallam, di hari Jumat adalah waktu mustajab bagi doa, tidak ada seorang Muslim yang berdoa kecuali diijabah," kata Ustadz Khalid.

"Kedua, riwayat An-Nasai, bahwa waktu mustajab doa berlaku di 12 jam dari subuh sampai terbenam matahari. Kata Nabi Shallallahu alaihi wassallam, kejar, perbanyak doa sehabis waktu ashar sampai terbenam matahari," pungkas Ustadz Khalid Basalamah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya