Belajar Ilmu Sunah dari Segelas Air Bisa Dapat 5 Pahala

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 330 2456248 belajar-ilmu-sunah-dari-segelas-air-bisa-dapat-5-pahala-rIgB7BnRca.jpg Memegang gelas dengan tangan kanan adalah amalan ilmu sunah. (Foto: Shutterstock)

ILMU sunah ternyata dapat diamalkan dari bagaimana memegang gelas beris air dapat membawa kaum Muslimin menghidupkan sunah Nabi Muhammad SAW. Mulai dari cara memegang gelas dan meneguk airnya, jika tahu sunahnya maka menjadi pahala karena mengamalkan dan menghidupkan sunah nabi.

Ustadz Dr. Abdullah Roy, MA menjelaskan dalam pesan tertulisnya bahwa manusia akan dibedakan derajatnya hanya dengan satu gelas air. Orang yang punya ilmu dia mengambil gelas dengan tangan kanannya. Maka dia mendapat satu pahala, karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Makanlah dengan tangan kanan." (HR. Muslim).

Dan ketika akan meneguknya dia mengatakan, "Bismillah" maka dia mendapat 2 pahala, karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Ucapkan Bismillah." (HR. Muslim)

Baca Juga: Doa Memohon Perlindungan dari Beratnya Musibah, Kebinasaan dan Tertawanya Musuh

Ketika dia akan meminumnya tidak meniupnya walaupun panas, maka dia mendapat 3 pahala, karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sa 

Disunahkan meneguknya tiga kali, walaupun boleh satu kali, tetapi adabnya tiga kali. Maka dapat 4 pahala,

karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Apabila beliau meneguk air dari gelas maka beliau bernafas tiga kali (HR. Muslim).

Baca Juga: Siapakah Pemenang Sesungguhnya di Kehidupan Ini?

Dan apabila dia telah meminumnya mengatakan, "Alhamdulillah", maka dapat 5 pahala.

Sebagian orang minum dengan tangan kiri, tidak ada Bismillahnya, tidak ada apa-apanya, maka tidak ada derajat dengan satu gelas air.

"Tapi orang yang berilmu, berkumpul beberapa derajat dengan satu gelas air," sebutnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya