Petugas Pemulasaran Jenazah Covid-19, Siti Aminah: Semoga Tercatat Sebagai Amal Saleh

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 614 2457088 petugas-pemulasaran-jenazah-covid-19-siti-aminah-semoga-tercatat-sebagai-amal-saleh-KJ65Gz41hN.jpg Siti Aminah petugas pemulasaran jenazah di Serpong Utara, Tangerang Selatan. (Foto: Bimas Islam Kemenag)

MENJADI petugas pemulasaran jenazah di masa pandemi Covid-19 saat ini sangat dibutuhkan kehadirannya. Siap menolong mengurus jenazah sebelum diantar ke lokasi pemakaman, Begitulah yang dialami Siti Aminah sebagai petugas pemulasaran.

Bagi Siti Aminah tidak pernah bercita-cita menjadi petugas  yang sehari-hari mengurus jenazah di bilangan Serpong Utara, Tangerang Selatan. Namun setelah dijalani, Penyuluh Agama Islam non-PNS ini merasakan, menjadi amil wanita merupakan caranya mengabdi kepada warga.

Di musim pandemi, Aminah tak surut dalam mengurus raga yang tak lagi bernyawa. Meski sempat merasa khawatir, Aminah menyanggupi tatkala diajak untuk mengurusi jenazah yang tepapar wabah.

Baca Juga: Bebas Memilih Produk Halal Bentuk Kemerdekaan di Indonesia

"Hati ini pernah merasa was-was, takut, dan khawatir. Tapi Alhamdulillah, rasa itu hanya sebentar. Dengan Bismillah, Insyaallah akan dilindungi Allah," ungkap Aminah melansir laman Bimasislam.kemenag pada Rabu (18/8/2021)

Aminah mendapatkan pembekalan cara pemulasaraan jenazah Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Katanya, mengurus jenazah Covid-19 butuh kesabaran tersendiri.

Baca Juga: Majelis Tempat Menuntut Ilmu Bukan untuk Ngobrol-Ngobrol Ghibah

"Pada Juli 2021 kemarin, per hari bisa ditelepon 4-5 orang yang butuh pemulasaraan jenazah Covid-19. Namun saya hanya bisa melayani 2-3 orang saja per hari," tambahnya.

Sehari-hari, Aminah juga memiliki seabrek kegiatan sebagai Penyuluh Agama Islam. Wanita ini juga melakukan bimbingan dan penyuluhan di sejumlah majelis taklim.

"Tidak semua panggilan bisa kami layani. Karena satu jenazah itu butuh waktu sekitar 2,5 jam mulai dari persiapan, memandikan, dan mengafani," tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Aminah bukan sau-satunya Penyuluh Agama Islam Kemenag yang terus mengabdi di masa pandemi. Pada Aminah dan Penyuluh lain yang memutuskan menjadi relawan pemulasaraan jenazah Covid-19 terdapat semangat kebermanfaatan di tengah krisis yang dialami negeri sejak Maret 2020 ini.

"Tidak pernah terpikirkan. Ini dijalani sebagai wujud mengabdi kepada masyarakat. Semoga tercatat sebagai amal saleh," kata Aminah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya