Rasa Malu Mampu Membuat Orang Menjauhi Maksiat dan Kesyirkan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 330 2459476 rasa-malu-mampu-membuat-orang-menjauhi-maksiat-dan-kesyirkan-DODrqnydP0.jpg Rasa malu menjadi penghalang orang berbuat maksiat dan kesyirikan. (Foto: Freepik)

RASA malu bukan hanya sekadar untuk menjaga marwah diri, namun di balik itu semua juga menjadi penghalang seseorang untuk berbuat maksiat serta kesyirikan

Al- Imam An-Nawawi didalam kitab hadist beliau Arba'in An-Nawawi menyebutkan hadis yang masyhur dari sahabat Abu Mas'ud 'Uqbah bin 'Amr al-Anshariy al-Badriy

Baca Juga: Baru Hijrah Sudah Berdakwah, Bagaimana Pandangan Ulama?

Rasulullah SAW bersabda : 

إن مما أدرك الناس من كلام النبوة الأولى، إذا لم تستحي فانا ما شئت

"Sesungguhnya salah satu perkara yang telah diketahui manusia (secara turun menurun) dari kalimat kenabian terdahulu adalah, Jika engkau tidak malu, maka berbuatlah sesukamu “(HR Al Bukhari)

Baca Juga: Cinta Tanah Air Itu Syar'i Sebagian dari Iman

Di antara faidah dari hadist diatas adalah :

Ustadz Abu Abdillah Imam dalam pesannya menjelaskan bahwa di antara moral seseorang yang tidak memiliki sifat malu, ia akan melakukan apapun yang diinginkan nya tanpa peduli. Terkadang kemaksiatan, bahkan terkadang bertentangan dengan fitrahnya sebagai seorang Hamba Allah ﷻ.

Didalam hadist diatas juga menjelaskan bahwa Sifat malu yang dimiliki seseorang akan menyelamatkannya dari hal yang dimurkai oleh Allah. Dan tentunya akan menjaganya untuk senantiasa memiliki kehormatan diri (Iffah).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasa malu juga menghalangi seseorang untuk terjatuh dalam kesyirikan dengan segala jenisnya. Karena dirinya tahu bahwa hanya Allah ﷻ sematalah yang berhak untuk diibadahi dan ditaati. Juga Sifat malu itu akan menuntun jiwa seseorang untuk tidak sombong dan angkuh atas kenikmatan yang dimilikinya, karena itu semua hanyalah pemberian Allah ﷻ Dzat yang Maha Kaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya