Share

Keutamaan Surat Al Mulk Menjauhkan dari Perbuatan Maksiat Serta Siksa Kubur

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 330 2463216 keutamaan-surat-al-mulk-menjauhkan-dari-perbuatan-maksiat-serta-siksa-kubur-dyGS6m1XQV.jpg Keutamaan Surat Al Mulk mencegah perbuatan maksiat dan siksa kubur. (Foto: Freepik)

KEUTAMAAN Surat Al Mulk dapat menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, hingga dihindarkan dari siksa kubur. Surat Al Mulk atau berarti kerajaan berada di urutan ke-67 dalam Al-Qur'an dan terdiri atas 30 ayat diturunkan di Makkah. Surat Al Mulk ini turun sesudah Surat At Tahrim

Ustaz Najmi Umar Bakkar dalam penjelasannya dikutip dari akun Facebook Al-Hijrah Gresik-Jawa Timur pada Senin (30/8/2021) berkata Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Muhammad dan Ibnu Jafar. Keduanya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Syubah, dari Qatadah, dari Abbas Al-Jusyami, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (SAW) telah bersabda:

“Inna suurotan fil quraani tsalatsiina aayatan syafa’at lishohibiha hatta ghufirolahu. Tabaarokalladzii biyadihil mulku”

Baca Juga: Begini Akibat Jika Bersandar Harapan dan Mencari Ridha kepada Manusia

Artinya: Sesungguhnya di dalam Al-Quran terdapat suatu surat berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Surat Al-Mulk).

Dengan membaca dan sekaligus memahami Surat Al-Mulk, mentadabburi dan& mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan mewarisi cahaya iman di dalam hati, mendapat pahala yang besar, serta selamat dari adzab kubur.

Rasulullah SAW bersabda :

"Barangsiapa yg membaca Tabaarakalladzii biyadihil Mulk pada setiap malamnya, maka Allah akan menghalanginya dengannya dari adzab kubur..." (HR. An-Nasaa'i, hadits dari Ibnu Mas'ud, Shahiihut Targhiib no. 1475)

Baca Juga: Sabar Bukan karena Manusia Mampu Melakukan, tapi Atas Izin Allah Ta'ala

Abdullah bin Mas'ud Radiyallahu anh berkata :

"Ada seseorang yang didatangi di kuburnya lalu dihampirilah dari arah kedua kakinya, lalu kakinya pun brkata : "Tidak ada jalan bagimu (untuk menyiksanya) dari arahku, karena dia selalu saja membaca surah al-Mulk untukku".

Kemudian didatangilah dia dari arah dadanya atau perutnya, maka dada atau perutnya pun berkata :

"Tidak ada juga jalan bagimu dari arahku, karena dia itu selalu membaca Surat Al-Mulk untukku". Kemudian didatangilah dari arah kepalanya, maka kepalanya pun berkata: "Tidak ada jalan bagimu dari arahku, sungguh karena dia itu selalu membaca Surat Al-Mulk untukku.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Maka dia adalah penghalang yang menghalanginya dari adzab kubur. Dia pun di dalam Taurat disebut juga dengan surat al-Mulk. Siapa saja yang membacanya di malam hari, maka berarti dia telah berbuat banyak serta dia telah berbuat baik" (HR. Al-Hakim III/322, lihat Shahihut Targhib wat Tarhib no. 1475)

Jabir bin 'Abdillah Radiyallahu anh berkata :

"Bahwasanya Nabi Muhammad SAW tidaklah tidur sampai beliau pun membaca Alif Laam Miim Tanziil (Surat As-Sajdah) dan juga Tabaarakalladzii biyadihil Mulk (Surat Al-Mulk)" (HR. At-Tirmidzi no. 2892, Ahmad 23/26, al-Hakim II/446 dan ad-Daarimi II/455, lihat ash-Shahiihah II/585)

Bagi yang cepat ketika membacanya, maka mereka butuh waktu sekitar 5 menit, apabila agak lambat ketika membacanya maka mereka cuma butuh waktu 10 menit. Lalu apa yang menghalangimu untuk rutin membacanya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini