Rahasia Surat At Takatsur Ungkap Manusia yang Rakus Dunia hingga Lalai Perintah Allah Ta'ala

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 330 2471682 rahasia-surat-at-takatsur-ungkap-manusia-yang-rakus-dunia-hingga-lalai-perintan-allah-ta-ala-kcq05oEXPe.jpg Rahasia Surat At Takatsur ungkap manusia yang rakus dunia hingga lalai terhadap perintah Allah Ta'ala. (Foto: Freepik)

RAHASIA Surat At Takatsur mengandung makna dan nasihat yang luar biasa. Dalam Surat At Takatsur, manusia diingatkan tentang banyak yang lalai karena kesibukannya saling berlomba meraih dan mengejar dunia. Ada yang rakus akan kedudukan atau kekuasaan.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menyebutkan bahkan parahnya ada juga yang saling menyombongkan diri dengan harta dan anaknya. Lantas kapan mereka berhenti lalai? Mereka  berhenti ketika sampai di liang lahat.

Padahal semua nikmat dunia kelak akan ditanya dan dimintai pertanggungjawabannya.

Baca Juga: Gay dalam Pandangan Islam, Meskipun Mandi dari Tiap Tetesan Hujan Masih Tetap Najis

Allah Ta’ala berfirman, 

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ (1) حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ (2) كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (3) ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (4) كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ (5) لَتَرَوُنَّ الْجَحِيمَ (6) ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ (7) ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ (8)

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (QS. At Takatsur: 1-8).

Baca Juga:  Begini Cara Mengalirkan Pahala kepada Orangtua yang Telah Meninggal Dunia

 Melansir laman Rumaysho menyebutkan, surat ini menjelaskan tentang orang-orang yang lalai dari beribadah kepada Allah. Padahal ibadah itulah tujuan diciptakannya manusia. Yang dimaksud di sini adalah beribadah kepada Allah semata dan meninggalkan ibadah kepada selain Allah, mengenal-Nya dan mendahulukan cinta Allah dari lainnya.

Manusia Menjadi Lalai

Manusia menjadi lalai karena waktunya hanya dihabiskan untuk membanggakan diri dengan harta. Berbangga di sini bisa jadi pada anak, harta, dan kedudukan. Sedangkan berlomba-lomba atau saling mengejar untuk meraih ridha Allah tidak termasuk di sini.

Manusia akan terus berbangga satu dan lainnya hingga mereka masuk ke dalam kubur. Artinya, ketika mereka merasakan kematian, barulah mereka berhenti dari berbangga-bangga dengan harta.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun perlu diketahui bahwa alam kubur hanyalah tempat mampir sebelum sampai ke alam berikutnya. Alam kubur bukanlah tempat mukim selamanya. Dalam ayat ini pun dikatakan demikian, yaitu disebut alam kubur sebagai tempat ziarah, artinya berkunjung dan itu sifatnya sementara. Negeri yang kekal abadi adalah di akhirat kelak.

Ayat ini sekaligus menunjukkan bahwa amalan itu akan dibalas di negeri yang kekal abadi (bukan negeri yang akan fana).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya