Tahukah Kamu, Ketika Khotbah Sholat Jumat Disunahkan Menghadapkan Wajah ke Khatib

Hantoro, Jurnalis · Senin 20 September 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 330 2474120 tahukah-kamu-ketika-khotbah-sholat-jumat-disunahkan-menghadapkan-wajah-ke-khatib-UCPw5z19Z1.jpg Ilustrasi sunah menghadapkan wajah ke khatib Sholat Jumat. (Foto: Okezone)

ADA salah satu sunah yang perlu diketahui setiap Muslim ketika menunaikan ibadah Sholat Jumat. Jamaah disunahkan menghadapkan wajah ke arah khatib saat menyimak khotbah.

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Senin (20/9/201), beberapa orang ketika Sholat Jumat tidak berusaha menghadapkan wajahnya ke arah khatib. Ada yang nenunduk ke bawah, ada yang melihat ke berbagai arah, bahkan ada yang bermain gadget sampai dengan tertidur.

Baca juga:  Doa Ziarah Kubur Orang Tua, Lengkah Terjemahan dan Artinya 

Perlu diketahui bahwa salah satu sunnah ketika mendengarkan khutbah Jumat adalah menghadapkan wajah ke arah khatib Jumat dan tidak mengapa mengubah arah duduk dengan agar serong sedikit ke arah khatib agar memudahkan dan nyaman mengarahkan wajah ke arah khatib. Sebagian ulama menjelaskan bahwa menghadapkan wajah ke arah khatib jumat termasuk sunnah yang banyak ditinggalkan. Berikut sedikit pembahasannya.

Terdapat beberapa hadits dan atsar sahabat serta penjelasan ulama terkait hal ini. Sebagian sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا صعد المنبر ، أقبلنا بوجوهنا إليه .

Artinya: "Dahulu ketika Nabi Shallallahu’alaihi wassallam naik mimbar, kami menghadapkan wajah kami ke arah beliau." (HR At Tirmidzi Nomor 509, Lihat Penjelasannya di Al-Silsilah Ash-Shahihah Nomor 2080)

Baca juga: Ustadz Hanan Attaki Ungkap Cara Bisa Bangun Rumah di Surga, Mudah dan Murah 

Syekh Al Albani rahimahullah menjelaskan bahwa sunnah ini banyak ditinggalkan terutama di zaman ini, beliau berkata:

‎استقبال الخطيب من السنة المتروكة

Artinya: "Menghadapkan arah khatib merupakan sunah yang ditinggalkan." (Al-Silsilah Ash-Shahihah: 5/110)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya