Share

15 Ucapan Belasungkawa dalam Islam

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Minggu 03 Oktober 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 616 2480435 15-ucapan-belasungkawa-dalam-islam-o3EmCqywTm.jpg Ilustrasi ucapan belasungkawa dalam Islam. (Foto: Okezone)

TOPIK mengenai 15 ucapan belasungkawa dalam Islam ternyat dicari banyak orang. Ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa duka kepada orang-orang yang sedang terkena musibah, misalnya kematian atau sebagainya.

Belasungkawa berupa kematian merupakan sesuatu yang mutlak. Satu per satu manusia akan kembali kepada Allah Subhanahu wa ta'ala ketika waktunya sudah tiba. Sebagai keluarga maupun rekan yang ditinggalkan hal yang paling benar untuk dilakukan adalah bersabar.

Baca juga: Doa agar Cepat Hamil Setelah Berhubungan Suami Istri, Adakah Tuntunannya? 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman di dalam kitab suci Alquran Surah Al Baqarah Ayat 155–157 yang artinya:

"Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun. Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."

Ilustrasi ucapan belasungkawa dalam Islam. (Foto: Okezone)

Sementara itu saat orang terdekat baru saja "ditinggalkan", sudah sepatutnya Anda mengungkapkan belasungkawa dengan cara yang baik. Berikut ini contoh 15 ucapaan belasungkawa untuk mereka yang baru saja kehilangan orang-orang terdekat, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: 6 Dalil Sahih Berdoa pada Jumat Sore Pasti Akan Dikabulkan Allah Ta'ala 

1. "Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala, diterima semua amal baiknya, dan diampuni segala dosanya. Aamiin."

2. "Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah Subhanahu wa ta'ala tetapkan batas waktunya kapan akan kembali menghadap Sang Pencipta. Jadi, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. "Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya."

4. "Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami turut berduka cita atas kepergian almarhum, semoga beliau husnulkhatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta keikhlasan."

Baca juga: Cegah Larut dalam Kesedihan, Baca Doa Ini Setelah Sholat 

5. "Sesungguhnya ia adalah milik Allah Subhanahu wa ta'a;a dan kepada-Nya-lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin."

6. "Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman. Aamiin Allahumma aamiin."

7. "Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (untuk laki-laki yang meninggal dunia). Ya Allah, ampunilah dosa sahabatku, sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kubur. Masukkan ia ke surga-Mu."

Baca juga: Doa agar Dagangan Laris Terus, Yuk Dibaca Setiap Hari 

8. "Hakikatnya hak Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada hamba-Nya, segala sesuatu yang ada di sisi-Nya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya."

9. "Allahummaghfirlaha warhamha wa'aafihi wa'fu'anha (untuk perempuan yang meninggal dunia). Selamat tinggal sahabatku, Semoga Allah Subahanahu wa ta'ala memberikan tempat terindah di surga-Nya."

10. "Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Yakinlah Allah Subhanahu wa ta'ala tidak akan pernah memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. Semoga Allah kelak menggantikan rasa sedih dengan bahagia."

11. "Ya Allah, ampunilah ia dan berikanlah rahmat-Mu. Selamatkan ia dari beberapa hal yang tidak disukai di alam sana. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang diperbuat."

Baca juga: Bacaan Lengkap Doa Buka Puasa Senin Kamis Beserta Terjemahan dan Artinya 

12. "Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Semua ini adalah rencana baik-Nya, dan kita harus menerima sebuah kepergian dengan hati yang tabah serta lapang."

13. "Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesutau dari hamba-Nya. Segala sesuatu hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Semoga kelak engkau dipertemukan kembali di surga-Nya. Aamiin Allahumma aamiin."

Baca juga: Hujan Deras dan Ada Kilat, Baca Doa Ini agar Selalu dalam Lindungan Allah Ta'ala 

14. "Ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan dari oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-Nya yang kuat. Namun, kesedihan pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik."

15. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Ya Allah terangkanlah kuburnya, terimalah ibadahnya, ampuni dosanya. Allah memanggil ia lebih dulu, karena Allah menyayanginya."

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini