Kemenag dan Dubes Arab Saudi Bahas Skema Umrah di Tengah Pandemi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 614 2483153 kemenag-dan-dubes-arab-saudi-bahas-skema-umrah-di-tengah-pandemi-q10jMOoryu.jpg Ilustrasi umrah di tengah pandemi covid-19. (Foto: Reuters)

JAJARAN Kementerian Agama (Kemenag) dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi melakukan pertemuan untuk membahas skema penyelenggaraan umrah di tengah pandemi covid-19. Hal ini diharapkan jadi jalan untuk pelaksanaan ibadah di Tanah Suci tersebut.

"Kepada Dubes, saya menyampaikan bahwa jamaah Indonesia sudah merindukan proses umrah yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dan haji," terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief di Kantor Kedubes Arab Saudi, Jakarta, Kamis 7 Oktober 2021.

Baca juga: Bantu Pembelajaran Jarak Jauh, Siswa Madrasah hingga Dosen Dapat Paket Internet 

Ia juga menyampaikan situasi penanganan covid-19 di Indonesia yang terus membaik. Tren pandemi di hampir seluruh kota sudah menurun drastis. Kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi juga terus meningkat.

"Harapannya, ini bisa dijaga dengan disiplin agar pandemi terus menurun, keadaan menjadi lebih baik lagi, dan jamaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk beribadah umrah," ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag RI.

Baca juga: Guru Madrasah Calon Penerima Tunjangan Profesi Didata, Ini 3 Kriterianya 

Hilman juga membahas soal mitigasi penyelenggaraan umrah di saat pandemi. Menurut dia, perlu ada skema khusus. Pihaknya saat ini terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, maskapai penerbangan, serta instansi terkait lainnya dalam menyusun mitigasi dan skema penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat makin clear dan skema tata cara serta penanganan pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi bisa diterbitkan. Tentu dibutuhkan juga kedisiplinan jamaah dalam menaati prokes," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, "Insya Allah, sebagai Dirjen PHU yang baru saya akan berkoordinasi dengan semua stakeholder dalam waktu dekat agar harapan untuk bisa memberangkatkan jemaah umrah Indonesia bisa kita akselerasi."

Hilman juga memberi apresiasi respons Dubes Saudi Essam bin Abed. Essam juga menegaskan keinginan Pemerintah Saudi agar jamaah Indonesia bisa kembali menunaikan ibadah umrah. Namun di tengah pandemi, regulasi yang diterapkan sangat ketat demi kenyamanan dan keamanan jamaah yang datang dari berbagai negara.

Baca juga: Bahas Kepastian Haji dan Umrah 2022, Menag Segera ke Arab Saudi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya