Indonesia Dapat Izin Umrah, AMPHURI: Jamaah yang Sudah Antre Diberangkatkan Lebih Dulu

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 614 2484749 indonesia-dapat-izin-umrah-amphuri-jamaah-yang-sudah-antre-diberangkatkan-lebih-dulu-nACovKcTk6.jpg Ilustrasi jamaah umrah. (Foto: Reuters)

BENDAHARA Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Tauhid Hamdi, memberi apresiasi Kementerian Luar Negeri yang berhasil mendapatkan lagi izin umrah untuk jamaah Tanah Air dari Kerajaan Arab Saudi

"Kita mengapresiasi sekali kepada Menteri Luar Negeri telah menginisiasi pertemuan dengan Pemerintah Saudi Arabia di New York oleh Bu Retno, kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Luar Negeri Indonesia untuk pelaksanaan umrah ke depannya," kata Tauhid saat dihubungi MNC Portal, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Kisah Mualaf Perempuan Cantik Berdarah China-Jerman, Bermula Agnostik hingga Ditolak Orangtua 

Ia mengatakan, perizinan ini baru nota diplomat Kedutaan Besar Arab Saudi. Kemudian nantinya akan lebih diperjelas terkait dengan perizinan kembali pelaksanaan umrah bagi calon jamaah dari Indonesia.

Ilustrasi jamaah umrah di Tanah Suci. (Foto: Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi)

Selanjutnya, kata Tauhid, nantinya calon jamaah umrah yang akan lebih dulu diberangkatkan bagi yang sudah mendaftar dan mengantre sejak awal.

Baca juga: Dapat Hidayat Islam di Dalam Tahanan, 2 Narapidana Wanita Ini Mantap Ucap Syahadat 

Lebih lanjut terkait kebijakan lainnya, seperti vaksinasi dan lainnya, akan mengikuti standar serta peraturan Kerajaan Arab Saudi. Ia berharap nantinya tidak akan ada yang memberatkan para jamaah.

"Mudah-mudahan tidak ada kebijakan yang memberatkan jamaah umrah. Misalnya, Vaksin Sinovac sudah dua kali maka tidak perlu diberikan Vaksin Pfizer dan tidak perlu adanya karantina lagi untuk jamaah umrah, baik di Arab Saudi maupun di Tanah Air," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi telah menyampaikan kabar baik tersebut soal keputusan Pemerintah Arab Saudi yang kembali mengizinkan jamaah Indonesia menunaikan ibadah umrah.

Baca juga: Berkat Suara Azan, Dokter Kecantikan Ini Mantap Memeluk Islam 

Retno menjelaskan, izin umrah diberikan sejalan dengan perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia yang makin baik.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," kata Menlu dalam konferensi pers secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga: Terus Rajin Salawat, UAS Ungkap Kebaikan yang Akan Diberikan Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya