Ini Janji Allah untuk Umat Nabi Muhammad yang Rajin Bersholawat

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 330 2488036 ini-janji-allah-untuk-umat-nabi-muhammad-yang-rajin-bersholawat-VlnmwT6xCu.jpg Perbanyak sholawat bukti kecintaan terhadap Nabi Muhammad (foto: IST)

JAKARTA - Memperbanyak bersholawat adalah salah satu bukti kecintaan seorang muslim kepada Rasulullah. Amalan sunah yang bisa dilakukan umat muslim adalah bersalawat untuk Nabi Muhamamad SAW, terutama di hari Jumat. 

Allah menjanjikan balasan pahala berlipat ganda bagi hamba-Nya yang berselawat kepada Rasul kesayangan-Nya, Muhammad SAW.

"Sholawat yang biasa kita ucapkan dan lafadzkan adalah pengakuan cinta, pengikraran kasih kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat bukan hanya sekadar bacaan biasa saja, namun sebenarnya sangat luar biasa bagi yang mengetahui apa tujuan dan nilai di dalamnya," ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone belum lama ini.

Baca Juga: Kisah 5 Ulama Mimpi Bertemu Rasulullah, Ada yang Ditegur Tidak Wudu Sebelum Tidur

Baca Juga: Tata Cara Sholat Qodho Sesuai Tuntunan Rasulullah

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Baihaqi, Rasulullah bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

Dalam hadits lainya, yaitu:

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

“Perbanyaklah membaca sholawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali.”

Hadits tersebut diriwayatkan al-Baihaqi dengan beberapa sanad yang baik (hasan).

Riwayat hadits yang lainnya terkait keutamaan membaca sholawat pada hari Jumat, Dari Abu Hurairah, bersabda Rasulullah Muhammad SAW,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya