Umat Diajak Banyak Wakaf di Momen Hari Santri 2021, Ini Keutamaannya

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 614 2489934 umat-diajak-banyak-wakaf-di-momen-hari-santri-2021-ini-keutamaannya-2NkubnIBuA.jpeg Ilustrasi wakaf di momen Hari Santri 2021. (Foto: Shutterstock)

DALAM momentum Hari Santri 2021, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menyerukan umat Islam di Ibu Kota mengamalkan amal jariyah berupa wakaf. Apa itu wakaf dan apa keutamaanya?

Wakaf dalam Islam dimaknai sebagai praktik sedekah harta secara permanen dengan cara membekukan pemanfaatannya (tasarruf) kepada hal yang diperbolehkan oleh syariat. Ketentuan wakaf dibahas secara terperinci dalam fikih Islam, ulama sepakat bahwa wakaf merupakan ibadah yang dianjurkan; penjelasan ini mengacu kepada Alquran Surah Ali Imran Ayat 92.

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." (QS Ali Imran: 92)

Baca juga: 10 Link Twibbon Hari Santri 2021 Beserta Cara Menggunakannya, Menarik dan Gratis 

Selain itu, wakaf termasuk sedekah jariyah dan satu-satunya bentuk sedekah yang dapat dimanfaatkan secara permanen oleh penerimanya. Jika seseorang berwakaf, maka sudah pasti salah satu keutamaannya yaitu memiliki amal yang tidak terputus sampai akhir hayat.

Karena hal ini pula, PWNU DKI Jakarta meluncurkan kegiatan Gerakan Santri Berwakaf. Ketua LWP PWNU DKI Jakarta Susono Yusuf mengatakan potensi wakaf cukup besar sehingga dapat didayagunakan untuk usaha-usaha produktif.

Dana wakaf akan terus berputar dan tidak habis nilainya. Kemudian manfaat hasil pengelolaannya akan didistribusikan untuk mauqif 'alaih seperti membantu masyarakat prasejahtera, dhuafa, yatim piatu, anak putus sekolah, dan lain-lain.

"Wakaf itu potensinya sangat besar, tidak akan habis nilai pokoknya dan manfaat hasil pengolahannya bisa terus abadi untuk disalurkan kepada masyarakat kurang sejahtera," kata Susono di Jakarta pada Kamis 21 Oktober 2021.

Baca juga: Hari Santri 2021, Afi Ahmad Ridho Terpilih Jadi Menteri Sehari 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurutnya, potensi wakaf di Indonesia sangatlah besar, setiap tahunnya bisa mencapai ratusan triliun, baik wakaf yang dihasilkan dari harta bergerak maupun tidak bergerak. Potensi wakaf uang sendiri diperkirakan mencapai Rp188 triliun. Sebaran potensi wakaf harta bergerak dan tidak bergerak tersebut salah satunya ada di DKI Jakarta.

Sejalan dengan konteks tersebut, harta untuk berwakaf tidak hanya didefinisikan sebagai aset tidak bergerak seperti tanah melainkan dalam bentuk yang lain seperti uang. Bahkan wakaf uang saat ini menjadi brand ekonomi syariah.

Baca juga: Hari Santri Nasional 2021, Ini Sejarahnya Diperingati Setiap 22 Oktober 

Wakaf uang dimaksudkan sebagai cash deposits di mana wakat uang tersebut biasanya diinvestasikan pada aktivitas bisnis yang menguntungkan. Keuntungan dari hasil investasi tersebut digunakan kepada segala sesuatu yang bermanfaat secara sosial keagamaan.

Lebih lanjut Susono meyakini santri berperan penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui gerakan wakaf. Melalui gerakan tersebut diharapkan ada perkembangan yang signifikan terkait penghimpunan wakaf produktif di Indonesia, terutama di DKI Jakarta.

Baca juga: Viral Santri Diskusi Pakai Bahasa Mandarin, Netizen: Masya Allah Salut 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya