Kabar Baik, Menag Umumkan Indonesia Jadi Negara Prioritas Haji dan Umrah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 614 2505917 kabar-baik-menag-umumkan-indonesia-jadi-negara-prioritas-haji-dan-umrah-gBouxNF6OI.jpg Menag dan rombongan bertemu menteri Arab Saudi membahas ibadah haji dan umrah. (Foto: Kemenag)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan kabar gembira untuk jamaah haji dan umrah Indonesia. Ia mengatakan Arab Saudi menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara prioritas dalam pelaksanaan haji dan umrah. Sebelumnya, antrean calon jamaah tertunda dampak pandemi covid-19 dan menunggu kepastian hingga saat ini.

"Alhamdulillah hari ini saya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F Alrabiah di Makkah. Menteri Taufig mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah," ungkap Menag dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Arab Saudi Mulai Izinkan Jamaah Luar Negeri Daftar Umrah Melalui Aplikasi 

Ia berharap para calon jamaah haji dan umrah Indonesia bisa segera melepas kerinduannya menunaikan ibadah di Tanah Suci. Selain itu, calon jamaah yang sempat tertunda keberangkatannya dapat segera berangkat.

Menag mengungkapkan, hasil pertemuannya dengan Menteri Haji Arab Saudi cukup progresif dan efektif. Hal itu tidak lepas dari diskusi awal (Senior Official Meeting) yang dilakukan Wakil Menteri Haji Saudi dengan Tim Kementerian Agama yang dikomandoi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Staf Khusus Menteri Agama, dan Tim Konsul Haji Jeddah.

Baca juga: Kemenag dan Otoritas Bandara Siapkan Skema Umrah Satu Pintu 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian nantinya Kementerian Agama akan menyusun skenario dan timeline pemberangkatan calon jamaah haji dan umrah. Penerapan protokol kesehatan akan menjadi aspek paling penting dalam pengaturan penyelenggaraannya. Rumusan tersebut selanjutnya disampaikan kepada Kementerian Haji Arab Saudi untuk dipelajari.

"Kita berharap semoga persiapan lanjutan baik di Saudi dan Tanah Air bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka," terangnya.

Baca juga: 4 Usulan AMPHURI agar Haji dan Umrah Segera Terlaksana 

Selain membahas penyelenggaraan haji dan umrah, pertemuan kedua menteri ini juga mendiskusikan upaya peningkatan kerja sama bilateral dalam bidang haji dan umrah.

"Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu," pungkasnya.

Baca juga: Terkait Haji dan Umrah 1443H, Ini yang Sudah Dipersiapkan Kemenag 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya