Larangan Telanjang saat Berhubungan Suami Istri? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 29 November 2021 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 330 2508712 tidak-boleh-telanjang-saat-berhubungan-suami-istri-ini-kata-ustadz-khalid-basalamah-uIF0njkVcN.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan perihal adab-adab hubungan intim suami istri. (Foto: Dok YouTube Khalid Basalamah Official)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan pemenuhan kebutuhan batin merupakan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai pasangan suami istri, termasuk salah satunya yaitu berhubungan intim. Hubungan intim sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting serta istimewa karena melibatkan seluruh emosi serta perasaan dari suami maupun istri.

Namun di dalam agama Islam, terang Ustadz Khalid Basalamah, terdapat beberapa adab yang harus dipenuhi supaya kaum Muslimin tidak jatuh ke jalan sesat. Ada adab-adab yang harus dipenuhi. Salah satu yang sering menjadi pertanyaan Muslimin yaitu apakah dalam berhubungan intim suami istri tidak boleh telanjang?

Baca juga: Bolehkah Istri Mencium Kemaluan Suami? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

Ilustrasi suami istri. (Foto: Unsplash)

"Jika salah seorang dari kalian menggauli istrinya, maka taruhlah sesuatu pada dua pinggulnya dan dua pinggul istrinya. Dan janganlah keduanya telanjang seperti dua ekor unta," ungkap Ustadz Khalid Basalamah saat menjelaskan hadis Imam Nasa'i yang meriwayatkan dari Abdullah bin Sarjas, seperti dikutip dari kanal YouTube Labanan Mengaji, Senin (29/11/2021).

Tetapi, ia juga menjelaskan hadis tersebut merupakan hadis mungkar dan sangat lemah namun dipercaya banyak orang. "Keyakinan di beberapa daerah kita, mereka bahkan –subahanallah– tidak pernah lihat badan istrinya. Karena merasa malu, aib, maka harus ditutup," ungkap Ustadz Khalid Basalamah saat menjelaskan hadis tersebut.

Baca juga: Bolehkah Wudu di Kamar Mandi? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa terdapat beberapa hadis yang bertentangan dengan hadis tersebut. "Karena banyak riwayat menjelaskan kalau Nabi Shallallahu alaihi wassallam pernah mandi berdua dengan Aisyah tanpa kain," ungkapnya.

Baca juga: Bolehkah Mengambil Foto Jenazah? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah 

Bahkan, Aisyah Radhiyallahu anha juga pernah melihat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam saat sedang mandi junub. Ini menandakan diperbolehkannya pasangan suami-istri berhubungan intim tanpa pakaian.

"Yang penting sekarang tertutup dalam sebuah ruangan. Jadi walaupun di atas ranjang tidak menggunakan selimut, tidak melanggar aturan," tegasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 4 Surat Nabi untuk Raja-Raja Dunia Mengajak Masuk Islam, Ini Isinya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya