5 Masjid Terapung di Indonesia, Bangunannya Unik dan Jadi Tujuan Wisata Religi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 615 2510185 5-masjid-terapung-di-indonesia-bangunannya-unik-dan-jadi-tujuan-wisata-religi-Izs4Vv8uKP.jpg Masjid Terapung Amirul Mukminin di kawasan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram @farisfajri)

INDONESIA sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia memiliki beragam bangunan masjid yang indah. Uniknya lagi banyak terdapat masjid terapung di beberapa daerah di Tanah Air.

Selain dijadikan tempat ibadah kaum Muslimin, masjid terapung di Indonesia juga sekaligus menjadi tujuan wisata religi. Arsitekturnya menarik dan cocok bagi Muslimin yang ingin menikmati bangunan-bangunan unik.

Berikut lima masjid terapung di Indonesia yang bisa disinggahi dan dijadikan destinasi wisata religi, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Masya Allah, Masjid Terapung Megah Segera Dibangun di Kalimantan Selatan 

1. Masjid Amirul Mukminin di Makassar

Masjid ini memiliki nama asli Masjid Amirul Mukminin. Nama "Masjid Terapung" adalah julukan yang diberikan oleh warga Makassar karena bangunannya yang berada di lepas pantai, tepatnya di timur laut Pantai Losari, sehingga tampak masjid terapung di atas laut.

Bangunannya memiliki warna dominan putih berpadu abu-abu, terkesan hangat dan nyaman. Adapun angin laut yang bebas keluar masuk di dalam masjid memberikan sensasi tersendiri yang tidak dapat ditemukan di masjid lain.

Bagi Muslimin yang berwisata di Pantai Losari, jangan lupa mengunjungi masjid ini karena menawarkan kenyamanan suasana serta bangunan yang menarik untuk dijadikan spot berfoto.

Mulanya pembangunan Masjid Amirul Mukminin merupakan gagasan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin untuk memperkaya khasanah landmark Kota Makassar dan sebagai wisata religi. Dibangun mulai 8 Mei 2009, masjid ini kemudian diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla.

Masjid Amirul Mukminin di Pantai Losari Makassar. (Foto: Instagram @farisfajri)

Baca juga: 10 Masjid Terapung Paling Terkenal di Dunia, Arsitekturnya Sangat Indah 

2. Masjid Amahami di Bima, NTB

Masjid Amahami berlokasi di kawasan Pantai Amahami di Jalan Sultan Muhamad Salahuddin, Belo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid terapung yang satu ini cukup menarik perhatian karena memiliki bagunan yang cukup unik.

Desain masjid Amahami cukup unik. Bagian atasnya berbentuk segitiga dan beberapa menaranya disertai dengan kubah. Menariknya lagi, terdapat ornamen khas Bima, yaitu bunga satako yang artinya 'bunga setangkai'. Ada makna khusus di balik bunga satako, yaitu mencerminkan menebar kebaikan di dan keharmonisan di sekitarnya.

Masjid Amahami Bima. (Foto: Antara)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Masjid Raya Al Munawwar di Ternate

Selanjutnya adalah masjid terapung Masjid Raya Al Munawwar yang berlokasi di Ternate, Maluku Utara. Dibangun oleh pemerintah kota setempat pada 2003. Masjid satu ini memberikan pemandangan yang memesona, yakni menghadap langsung ke laut di Ternate.

Masjid Raya Al Munawwar dibangun di lahan seluas 6 hektare dengan luas bangunan 9.512 meter persegi. Sebanyak 15.000 jamaah dapat ditampung di dalam masjid ini.

Arsitektur Masjid Raya Al Munawwar dilengkapi empat menara setinggi 44 meter yang dua di antara dibangun di laut. Pembangunan masjid berlangsung selama 7 tahun.

Masjid Al Munawwar Ternate. (Foto: Wikipedia)

Baca juga: Kemegahan Masjid Al Jabbar Jadi Lokasi Ngabuburit, Ada Juga yang Memancing 

4. Masjid Oesman Al Khair di Kalimantan Barat

Lalu ada masjid apung yang dinamakan Masjid Oesman Al Khair lokasinya berada di atas permukaan laut, di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Masjid tersebut dibangun pada 2012.

Bangunannya megah dengan mengadopsi arsitektur ala Timur Tengah. Masjid Oesman Al Khair didominasi warna serbaputih. Sementara itu untuk interiornya, masjid ala Maroko ini menambahkan kenyamanan bagi jamaah yang datang, khususnya ketika beribadah.

Masjid berkapasitas 3.000 jamaah tersebut berada di atas permukaan laut. Tidak hanya itu, masjid ini dikelilingi kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

Masjid Oesman Al Khair di Kalbar. (Foto: Ade Putra/Okezone)

Baca juga: 5 Masjid Terapung Terunik di Dunia, Bakda Sholat Bisa Menikmati Senja Lho 

5. Masjid Arkam Babu Rahman di Palu

Selanjutnya ada Masjid Arkam Babu Rahman di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Masjid terapung ini terletak di kawasan Pantai Talise, Palu.

Masjid Arkam Babu Rahman memiliki daya tampung hingga 200 jamaah. Kemudian memiliki arsitektur indah dengan kubah yang bisa memancarkan cahaya tujuh warna.

Berkat keindahannya itu, Masjid Arkam Babu Rahman dikenal sebagai ikon Kota Palu. Banyak wisatawan pun mengunjunginya.

Baca juga: Uniknya Pulau Natal, Dihuni Umat Islam dan Miliki Masjid Megah 

Masjid Arkam Babu Rahman di Kota Palu. (Foto: Istimewa)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya