Share

Uniknya Masjid Assalam di Segovia Spanyol, Simbol Kehidupan Harmonis Kelompok Kecil Muslim

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 615 2517864 uniknya-masjid-assalam-di-segovia-spanyol-simbol-kehidupan-harmonis-kelompok-kecil-muslim-G7EIGTjLsY.jpg Masjid Assalam di Kota Segovia, Spanyol. (Foto: Antara)

SPANYOL merupakan negara di Benua Eropa yang menyimpan banyak sejarah tentang Islam. Spanyol disebut juga Al Andalus atau Andalusia. Ini adalah nama dari bagian Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) yang diperintah oleh umat Islam atau orang Moor antara tahun 711 dan 1492 Masehi.

Di Spanyol banyak peninggalan syiar Islam, misalnya masjid-masjid. Contohnya Masjid Assalam yang berada di Kota Segovia, daerah otonom Castilla y Leon, Spanyol. Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib bersama sejumlah staf KBRI Madrid pun berkesempatan mengunjunginya.

Baca juga: Masya Allah, Muslim Indonesia Segera Bangun Masjid di London Inggris 

Dikutip dari Antara, Kamis (16/12/2021), Masjid Assalam merupakan masjid terbesar di Kota Segovia. Di sana hanya memiliki dua masjid. Di Kota Segovia, kaum Muslimin hidup sebagai kelompok kecil di antara para penganut Katolik dan Yahudi.

Meski demikian, mereka hidup dalam harmoni dan tidak ada persoalan terkait agama, baik dari masyarakat di sekitarnya maupun pemerintah setempat.

Baca juga: Ramah Suporter Muslim, Lantai Plaza JIS Didesain Jadi Tempat Sholat Berjamaah 

Masjid Assalam cukup besar dan terawat baik. Masjid itu mampu menampung sekira 150 jamaah untuk melaksanakan ibadah sholat dalam keadaan normal.

Kehadiran Dubes Najib dan rombongan KBRI Madrid disambut antusias oleh Takmir masjid dan jamaah yang hadir. Para warga Muslim di Segovia sudah cukup lama mendengar tentang Indonesia yang menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

KBRI Madrid sebelumnya menyebutkan bahwa Indonesia dan Spanyol dapat menjadi motor utama kegiatan dialog antariman yang diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada seluruh peserta yang hadir untuk selanjutnya dibawa ke negaranya masing-masing.

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Mencabut Uban? Ini Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah 

Dijelaskan, Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam diharapkan dapat berbagi pengalaman dengan seluruh peserta dialog antarkepercayaan tentang cara hidup harmonis di antara para penganut agama dan suku yang berbeda.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini