Share

Apa Itu Pondok Pesantren?

Hantoro, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 614 2520797 apa-itu-pondok-pesantren-qkdXRrxNts.jpg Ilustrasi pondok pesantren. (Foto: Shutterstock)

MASIH banyak orang bertanya-tanya mengenai pondok pesantren. Ternyata ada yang belum mengetahui sepenuhnya apa itu pondok pesantren?

Dikutip dari laman Kemendikbud, Rabu (22/12/2021), pondok pesantren adalah sebuah asrama pendidikan tradisional. Para siswanya atau santri semua tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai serta mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.

Baca juga: Hari Ibu, Ini Hukumnya Menurut Islam 

Kata pesantren terdiri dari kata "santri" yang ditambahkan imbuhan "pe" dan akhiran "an". Kata "santri" menurut AH Johns berasal dari bahasa Tamil yang berarti "guru mengaji". Sedangkan istilah santri digunakan untuk menyebut siswa di pesantren.

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tertua yang merupakan produk budaya Indonesia. Keberadaan pesantren di Tanah Air dimulai sejak Islam masuk ke negeri ini dengan mengadopsi sistem pendidikan keagamaan yang sebenarnya telah lama berkembang sebelum kedatangan Islam.

Ilustrasi pondok pesantren. (Foto: Sindonews)

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang telah lama berkembang di Indonesia diakui memiliki andil yang sangat besar terhadap perjalanan sejarah bangsa.

Sementara itu dihimpun dari laman Abusyuja, dijelaskan bahwa ada lima elemen dasar yang membentuk pesantren, yaitu: pondok, masjid, santri, pengajaran kitab-kitab, dan kiai.

Baca juga: Kisah TKI Sukses Jadi Penjahit Gamis di Arab Saudi, Penghasilannya Ratusan Juta 

1. Pondok

Pondok adalah suatu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pembelajaran berlangsung. Biasanya Pondok dibangun dengan fasilitas yang sangat sederhana sebagai bagian untuk melatih santri-santri hidup sederhana. Pondok pesantren juga biasa dibangun dengan bentuk kamar-kamar yang digunakan untuk tempat tinggal santri, lalu ada ruang di mana nilai-nilai keagamaan Islam dipelajari sekaligus diterapkan.

2. Masjid

Masjid adalah rumah ibadah dan sekaligus menjadi komponen yang tidak dapat dipisahkan dari pondok pesantren. Masjid juga merupakan tempat yang tepat untuk mendidik para santri, terutama dalam praktik sholat lima waktu berjamaah, khutbah, pengajaran kitab-kitab, serta pembinaan moral keagamaan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Santri

Santri adalah sebutan bagi peserta didik yang belajar di pondok pesantren. Santri dituntut tidak hanya belajar tentang ilmu agama, tetapi sekaligus juga menjadikan ilmu yang dipelajari menjadi cara berpikir dan cara hidup di mana pun dan kapan pun ia tinggal. Santri adalah calon pemimpin yang akan menggantikan tugas ulama untuk berdakwah dan membina umat.

Baca juga: Alquran Surah Ar-Ra'd Ayat 1-43 Beserta Terjemahan Latin dan Artinya 

4. Pengajaran kitab-kitab

Sejak tumbuhnya pesantren, pengajaran kitab-kitab karya ulama mazhab Syafii dijadikan sumber pembelajaran utama yang diberikan dalam pesantren. Adapun tujuan utama pengajaran ini adalah untuk mendidik calon-calon ulama.

Secara keseluruhan kitab-kitab yang diajarkan di pondok pesantren dapat dikelompokkan menjadi delapan, yaitu:

- Nahwu dan Shorof

- Fikih

- Ushul Fiqih

- Hadis

- Tafsir

- Tauhid

- Tasawuf atau akhlak

- Tarikh (sejarah)

- Balaghah (sastra Arab)

Adapun metode pengajaran kitabnya dilakukan dengan cara sorogan dan bandongan. Sorogan adalah sistem pengajaran secara Individual, santri datang untuk membaca kitab tertentu, sedangkan kiai mendengarkan dan mengoreksi bacaan santri.

Sedang metode Bandongan adalah sistem pengajaran secara kolektif. Sekelompok santri mendengarkan kiai yang membaca, menerjemahkan, dan menerangkan kitab-kitab tertentu.

Baca juga: Gagal Bakar Alquran, Pemuka Agama Ini Mantap Jadi Mualaf 

5. Kiai

Kiai atau ustadz adalah ulama yang menjadi sentral pengajaran di pesantren. Ilmu pengetahuan dan sistem pengajaran di pesantren ditentukan oleh kiai.

Peran kiai di pesantren sangatlah penting. Hal ini karena kiai tidak sebatas sebagai pengajar, tetapi lebih dari itu. Kiai berperan juga sebagai pendidik, pembina, dan pemberi solusi dalam hampir setiap persoalan santri dan masyarakat.

Peran kiai juga tidak hanya sebatas dalam dunia pendidikan, namun menyangkut persoalan keagamaan, sosial, ,budaya hingga persoalan politik dan Kebangsaan.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini