Share

Abu Nawas Dilarang Naik Keledai, tapi Kok Malah Gelantungan di Perutnya?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 614 2521802 abu-nawas-dilarang-naik-keledai-tapi-kok-malah-gelantungan-di-perutnya-OHXTt7FLY0.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas dan keledainya. (Foto: Shutterstock)

KISAH lucu Abu Nawas kali ini menceritakan sosok sufi humoris itu dengan keledainya. Diketahui bahwa keledai adalah salah satu hewan yang senantiasa setia menemani Abu Nawas ke mana pun pergi. Bahkan di saat-saat genting menghadapi raja, keledai dimanfaatkan Abu Nawas sebagai solusi.

Dikutip dari laman NU Online, Jumat (24/12/2021), berawal ketika Abu Nawas diusir keluar kampung. Alasannya, menurut penasihat raja, Abu Nawas akan mendatangkan musibah. Hal itu disadarkan mimpi Raja yang diputuskan oleh penasihat.

Baca juga: Sakit Rahang, Abu Nawas Berobat ke Tabib tapi Malah Dibilang "Bagus" 

Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Girang Gagal Dapat Jabatan Tinggi dari Raja, Kenapa Ya? 

Salah satu hukuman Abu Nawas ialah dilarang kembali ke kampung dengan menaiki keledai. Jika melanggar, maka Abu Nawas akan kena hukuman berat.

Singkatnya, masyarakat gembira Abu Nawas telah kembali ke kampung. Begitu juga dengan raja dan penggawa istana. Tetapi senangnya orang-orang istana karena bakal menghukum Abu Nawas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kegembiraan orang-orang istana buyar, karena Abu Nawas kembali ke kampung tidak menaiki keledai. Melainkan, Abu Nawas bergelantungan di bawah perut keledai sehingga tidak bisa dikatakan menaiki keledai. Abu Nawas pun selamat dari hukuman raja.

Ada kalanya Abu Nawas juga kesal dengan keledainya. Suatu hari Abu Nawas memukuli keledainya di tempat terpencil.

Baca juga: Ketika Abu Nawas Bohongi Utusan Sultan, Pura-Pura Gila lalu Lempar Pasir 

Apa yang dilakukan Abu Nawas tersebut dilihat oleh seorang pria. Pria tersebut bertanya, "Mengapa Anda memukuli hewan yang lemah?"

"Maaf, apakah dia anggota keluarga Anda?" canda Abu Nawas.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Lucu Abu Nawas Jawab 3 Pertanyaan Aneh Raja, Syaratnya Harus Naik Takhta Dulu 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini