Share

10 Profesi dengan Gaji Paling Besar di Arab Saudi, Ada yang di Bidang Medis

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 25 Desember 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 614 2522394 10-profesi-dengan-gaji-paling-besar-di-arab-saudi-ada-yang-di-bidang-medis-7U2nHijut0.jpg Ilustrasi profesi dengan gaji paling besar di Arab Saudi. (Foto: Shutterstock)

ARAB Saudi adalah salah satu negara kaya di dunia. Maka itu, di sana menawarkan gaji cukup tinggi untuk para pekerjanya. Jadi tidak heran jika negara satu ini seakan menjadi magnet bagi orang-orang di dunia yang ingin meraih kesuksesan.

Sebelum memutuskan hijrah ke Arab Saudi, sebaiknya pahami dulu profesi apa saja yang punya penghasilan cukup besar di sana. Mau tahu? Berikut ini 10 di antaranya.

Baca juga: 7 Artis Cantik Bollywood Beragama Islam, Semuanya Taat Menjalankan Syariat 

1. Insinyur perminyakan

Industri perminyakan memang menjadi sumber utama pembangunan Arab Saudi. Seperti dilansir laman Nepsort, Arab Saudi menjadi pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Jadi wajar jika seorang insinyur perminyakan dibayar dengan gaji tinggi.

Gaji bulanan rata-rata seorang insinyur perminyakan di Arab Saudi mencapai USD80.000 atau sekira Rp1,1 miliar.

Arab Saudi. (Foto: Shutterstock)

2. Tenaga medis profesional

Profesi di bidang medis seperti dokter, perawat, teknisi laboratorium, maupun dokter gigi merupakan pekerjaan terhormat di Arab Saudi. Selain mendapat gaji bulanan, tenaga medis profesional akan menerima keuntungan lain seperti fasilitas akomodasi, fasilitas transportasi, cuti berbayar selama dua bulan, dan masih banyak lagi.

Menurut Nepsort, untuk pekerjaan sebagai ahli bedah medis bisa dibayar hingga USD35.000 per bulan atau sekira Rp490 juta.

Baca juga: Kisah Hijrah Bos JakCloth, Datangkan Jutaan Pengunjung Setelah Hilangkan Panggung Musik 

3. CEO atau direktur pelaksana

Banyak perusahaan nasional maupun multinasional yang berdiri di Arab Saudi. Adapun perusahaan terkait dengan bahan bakar minyak, perbankan, konstruksi umumnya mencari manajer profesional dan berkualitas untuk menangani bisnis mereka.

Begitupun perusahaan manufaktur yang juga mencari CEO yang mumpuni agar perusahaan berjalan lancar ke depannya.

Lalu berapa gaji yang ditawarkan perusahaan Arab Saudi untuk pekerjaan ini? Selain manfaat lain dan bonus tambahan, seseorang yang bekerja di bagian manajerial perusahaan akan dibayar USD32.000 per bulan atau sekira Rp460 juta.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Perbankan atau keuangan

Dalam beberapa tahun terakhir sektor perbankan berkembang pesat di Arab Saudi. Seorang manajer bank mampu meraup upah bulanan sebesar USD16.000 atau sekira Rp226 juta.

Baca juga: Kisah Haru Putri Raja Bali Jadi Mualaf, ketika Wafat Mengeluarkan Asap Harum 

5. Konstruktor

Jangan ragu untuk berkecimpung di dunia konstruksi Arab Saudi. Negara ini memiliki sejumlah proyek superbesar. Sebut saja pembangunan kembali Al Ruwaid, proyek Masjidil Haram, Mall of Saudi. Semua pembangunan itu masuk proyek multi-miliar dolar.

Jika tertarik menjadi manajer proyek dan insinyur proyek, gaji sebesar USD15.000 atau sekira Rp212 juta per bulan bisa dibawa pulang.

6. Ahli teknologi informasi

Industri dan pabrik di Arab Saudi banyak yang mengadopsi teknologi informasi guna memudahkan para pekerja. Otomatisasi bisnis, proses manufaktur lanjutan, dan beberapa alur kerja perminyakan lainnya membutuhkan personel TI.

Oleh karena itulah, penghasilan mereka yang bekerja sebagai ahli TI bisa menghasilkan gaji per bulan sebanyak USD11.000 atau sekira Rp115 juta.

Baca juga: Berpahala Besar, Ini 8 Sunah di Hari Jumat yang Sayang jika Dilewatkan 

7. Guru bahasa Inggris

Jangan sia-siakan jika memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata. Anda bisa memilih hijrah ke Arab Saudi untuk menjadi guru bahasa Inggris. Pasalnya, banyak sekolah swasta yang mengajarkan bahasa Inggris di sana.

Jika tertarik menjadi guru bahasa Inggris di Arab Saudi, gaji sebesar USD5.000 atau sekira Rp70 juta bisa Anda kantongi setiap bulannya.

8. Marketing manajer

Di Arab Saudi banyak perusahaan multinasional dan swasta yang siap membayar dengan gaji tinggi untuk mereka yang bekerja di bidang penjualan dan pemasaran. Seorang manajer penjualan maupun pemasaran umumnya dibayar dengan gaji sejumlah USD5.000 atau sekira 70 juta per bulan.

Baca juga: Adab-Adab Membaca Alquran, Nomor 8 Bisa Membuat Lebih Mengerti Isinya 

9. Real estate

Pekerjaan yang berhubungan dengan real estate disebut-sebut cukup dihormati di Arab Saudi sehingga dibayar dengan harga tinggi. Namun, tidak diketahui pasti berapa jumlah kisaran gajinya.

10. Hotel dan restoran

Jangan anggap sepele, pekerjaan sebagai koki, pramusaji, kasir, dan manajer di perhotelan atau restoran mampu mengumpulkan pundi-pundi uang cukup banyak per bulannya. Arab Saudi kabarnya memberikan gaji tinggi untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut, meski tak diketahui pasti jumlahnya.

Baca juga: Abu Nawas Bangun Istana di Langit Pakai Layangan, Raja pun Kegirangan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini