Share

Abu Nawas Diusir dari Kampung Gara-Gara Mimpi Raja, tapi Bisa Pulang dengan Cara Unik

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 614 2525248 abu-nawas-diusir-dari-kampung-gara-gara-mimpi-raja-tapi-bisa-pulang-dengan-cara-unik-66roUnPdAw.jpg Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)

KISAH lucu Abu Nawas kali ini ketika sosok humoris itu terusir dari kampung halamannya. Berawal dari suatu malam Raja Harun Al Rasyid bermimpi ketemu Abu Nawas di suatu tempat. Ia memang kenal dekat dengan Abu Nawas, tapi tidak pernah sampai memimpikan manusia yang dikenal mempunyai akal cerdik itu.

Raja lalu menanyakan pertanda mimpi tersebut kepada penasihat spiritual istana. Sang penasihat tegas mengatakan bahwa mimpi pertemuan Raja dengan Abu Nawas akan mendatangkan musibah. Oleh karena itu, Abu Nawas harus diusir dari kampungnya.

Baca juga: Unik! Abu Nawas Obati Sakit Pangeran Cuma Pakai Cerita Orang Tua 

Dikutip dari nu.or.id, Jumat (31/12/2021), entah apa yang ada di benak si penasihat tersebut. Perjanjian dibuat agar Abu Nawas tidak kembali lagi ke kampung halaman dengan menaiki keledai.

Namun, Abu Nawas menemukan cara lain yang tidak termasuk larangan Raja. Setelah segala sesuatunya dipersiapkan, Abu Nawas berangkat menuju kampung halamannya sendiri.

Baca juga: Gara-Gara Lalat, Abu Nawas Hancurkan Istana, Raja Cuma Bisa Bengong 

Perasaan rindu dan senang menggumpal menjadi satu akan tanah kelahirannya tersebut. Kerinduan itu makin memuncak karena Abu Nawas tahu sudah makin dekat.

Mengetahui Abu Nawas bisa pulang lagi, penduduk negeri gembira. Desas-desus tentang kembalinya Abu Nawas segera masuk ke telinga Raja. Ia juga merasa gembira mendengar berita itu, tetapi dengan alasan berbeda dengan rakyat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rakyat gembira melihat Abu Nawas pulang lagi, karena mereka mencintainya. Sedangkan Raja gembira mendengar Abu Nawas kembali pulang karena merasa yakin kali ini pasti Abu Nawas tidak akan bisa mengelak dari hukuman.

Baca juga: Ketika Jenazah Abu Nawas Bangun dari Keranda, Rakyat pun Lari Ketakutan 

Raja yakin Abu Nawas kembali ke kampung dengan menaiki keledai. Setelah melihat kembalinya Abu Nawas, Raja kecewa karena Abu Nawas ternyata bergelayut di bawah perut keledai.

Abu Nawas pun tidak bisa dikatakan telah melanggar larangan Raja. Sebab, Abu Nawas tidak menaiki keledai. Ada-ada saja.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Abu Nawas Coba Bunuh Diri Minum Madu, Kok Malah Jadi Kenyang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini