Heboh Artis Transplantasi Rambut, Begini Hukumnya dalam Islam

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 330 2530111 heboh-artis-transplantasi-rambut-begini-hukumnya-dalam-islam-XZv8QNEkde.jpg Heboh artis transplantasi rambut (Foto: AFP)

JAKARTA - Transplantasi rambut bisa menjadi solusi jika seseorang mengalami kebotakan. Menurut Islam, tindakan ini tetap diperbolehkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, hukum dalam Islam tentang transplatasi rambut bagi yang mengalami kebotakan adalah mubah.

Baca Juga:ย Anang Hermansyah Transplantasi Rambut, Wajahnya Disebut Mirip Raul Lemos

Hal tersebut berdasarkan fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin tentang terapi transplatasi rambut.

"Iya, hukumnya boleh, karena termasuk bab mengembalikan sesuatu yang telah diciptakan Allah dan juga termasuk menghilangkan aib, dan tidak termasuk mempertampan diri dan juga bukan menambah sesuatu yang telah diciptakan Allah โ€˜Azza wa Jalla," katanya.

Menurut dia, transplatasi rambut tidak termasuk merubah ciptaan Allah melainkan mengembalikan sesuatu yang kurang serta menghilangkan aib.

Baca Juga:ย Pria Ini Tewas Usai Transplantasi Rambut

Dijelaskan bahwa ada kisah 3 orang di mana salah satunya berkepala botak. Ia berharap akan merasa senang bila Allah SWT mengembalikan rambutnya, harapannya pun dikabulkan. Sehingga rambutnya tumbuh.

ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽุชูŽู‰ ุงู„ุฃูŽู‚ู’ุฑูŽุนูŽุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู‰ูู‘ ุดูŽู‰ู’ุกู ุฃูŽุญูŽุจูู‘ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุดูŽุนูŽุฑูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŒุŒ ูˆูŽูŠูŽุฐู’ู‡ูŽุจู ุนูŽู†ูู‘ู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ ู‚ูŽุฐูุฑูŽู†ูู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู. ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู…ูŽุณูŽุญูŽู‡ูุŒ ููŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูุนู’ุทูู‰ูŽ ุดูŽุนูŽุฑู‹ุง ุญูŽุณูŽู†ู‹

"Selanjutnya malaikat itu mendatangi orang yang berkepala botak, dan bertanya kepadanya: apa yang paling engkau dambakan? Ia menjawab : rambut yang indah, dan sembuhnya penyakit yang aku derita dan menyebabkan orang lain memperolok-olokku. Spontan malaikat tersebut mengusapnya, dan sekejap penyakitnya hilang, serta ia dikarunia rambut indah," (al-Bukhari no. 3464 dan Muslim no. 2964).

Seperti diketahui,ย Anang Hermansyah mengubah penampilannya. Sempat tak percaya diri dengan rambut lamanya, suami dari Ashanty ini akhirnya memilih untuk melakukan transplantasi rambut, seperti yang sempat dilakukan oleh Kevin Aprilio.

Melalui akun Instagramnya, pelantun Separuh Jiwaku Pergi ini terlihat memamerkan rambutnya yang dipangkas habis hingga botak sebelum menjalani transplantasi. Ia bahkan sempat memuji dirinya sendiri saat berkepala botak, hingga menyebut jika dirinya cukup keren saat tak memiliki rambut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya