Share

Cerita Abu Nawas Carikan Kambing Bertanduk Besar, Kok Malah Diukur Pakai Tangan Bayi

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 614 2530654 cerita-abu-nawas-carikan-kambing-bertanduk-besar-kok-malah-diukur-pakai-tangan-bayi-4fXgbQfBiK.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: Istimewa)

CERITA Abu Nawas kali ini menceritakan sosok humoris tersebut membantu seorang warga yang bernazar menyembelih kambing bertanduk besar. Berawal dari sebuah negeri, hidup seorang saudagar kaya raya bernama Abdul Hamid. Di usia pernikahannya yang sudah mencapai 5 tahun, Hamid dan istri belum juga dikarunia anak.

Pada suatu hari, seusai Sholat Ashar, Hamid bernazar di dalam masjid. "Ya Allah, jika engkau mengaruniai aku seorang anak, maka akan kusembelih seekor kambing yang memiliki tanduk sebesar jengkal manusia," ucapnya, seperti dikutip dari situs resmi nu.or.id, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Abu Nawas Punya Cara Jitu Atasi Ibu-Ibu Rebutan Bayi: Dibelah Saja Jadi Dua Bagian 

Nazar yang disampaikan Hamid tidak mudah, bahkan sulit, karena di zamannya sangat jarang terdapat kambing bertanduk sebesar jengkal manusia atau sangat besar itu. Dengan kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala, doa Hamid terkabul. Ia dan istri bahagia bukan kepalang. Singkat cerita, bayinya pun telah lahir.

Hamid segera mengadakan sayembara kambing dengan tanduk sebesar yang diinginkannya itu. Hari berganti hari, Hamid dan istrinya tidak juga mendapatkan kambing yang dimaksud. Akhirnya ia mengirim utusan bernama Shabur untuk meminta tolong kepada Abu Nawas.

Baca juga: Cara Unik Abu Nawas Kejar Maling yang Lari ke Arah Barat: Cegat dari Timur Saja 

Hamid si kaya raya berharap bisa menemukan kambing dimaksud atau minimal Abu Nawas bisa memberikan solusi atas nazarnya itu.

"Ya sudah, katakan kepada tuan kamu, bawa seekor kambing yang punya tanduk dan bayinya tersebut besok pagi ke masjid," ucap Abu Nawas kepada Shabur.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Esok paginya, Hamid menjumpai Abu Nawas dengan seekor kambing yang memiliki tanduk dan anaknya yang masih bayi, beserta istrinya.

"Baiklah Tuan Hamid, jika nazarmu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala menyembelih kambing yang punya tanduk sebesar jengkal manusia, sekarang tunjukkan mana kambing yang kau bawa kemari, dan mana anakmu?" tanya Abu Nawas.

Baca juga: Abu Nawas Ditugaskan Raja Ambil Mahkota dari Surga: Sediakan Dulu Pintu Akhirat 

Baca juga: Abu Nawas Pura-Pura Gila di Depan Raja, Alasannya Unik Banget 

"Ini kambing dan anak saya," jawab Hamid.

Abu Nawas kemudian mengukur tanduk kambing dengan jengkal anak bayi. "Sekarang kamu sudah bisa membayar nazarmu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala karena sudah dapat kambing yang pas," pungkas Abu Nawas.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini