Share

Hukum Menghentikan Sholat saat Terjadi Gempa, Berikut Penjelasannya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 330 2532422 hukum-menghentikan-sholat-saat-terjadi-gempa-berikut-penjelasannya-Ymv9KlOSit.jpg Hukum menghentikan shalat saat terjadi gempa (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Seorang muslim saat sedang sholat dan terjadi gempa mungkin akan kebingungan, apakah harus berhenti untuk menyelamatkan diri atau tetap melanjutkan perintah Allah SWT.

Dikutip dari almanhaj, Jumat (14/1/2022), pada dasarnya ajaran Islam punya jawaban atas kebingungan tadi. Hal ini, termuat dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 195:

ูˆูŽู„ุง ุชูู„ู’ู‚ููˆุง ุจูุฃูŽูŠู’ุฏููŠูƒูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุชู‘ูŽู‡ู’ู„ููƒูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูู†ููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ู…ูุญู’ุณูู†ููŠู†ูŽ

โ€œDan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baikโ€.

Baca Juga:ย 5 Manfaat Sholat Berjamaah Tepat Waktu, Nomor 2 Impian Setiap Muslim

Nabi Muhammad SAW pun juga pernah bersabda perihal menghentikan sholat ketik terjadi gempa atau bencana alam lainnya:

ู„ูŽุง ุถูŽุฑูŽุฑูŽ ูˆูŽู„ุง ุถูุฑูŽุงุฑูŽ

โ€œTidak boleh membahayakan (diri sendiri) dan tidak boleh membahayakan (untuk orang lain)โ€. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah: 2341 dan telah ditashih oleh Albani di dalam Shahih Ibnu Majah)

Baca Juga:ย Gempa Jakarta, Ini 4 Amalan yang Bisa Dilakukan Kaum Muslimin

Selain itu, Abdur Razzaq telah meriwayatkan di dalam kitabnya dari Muโ€™ammar dari Hasan dari Qatadah berkata:

โ€œSaya telah bertanya kepadanya, saya katakan; Ada seorang laki-laki sedang shalat, lalu ia melihat seorang bayi dipinggir sumur, ia merasa khawatir bahwa bayi itu akan jatuh ke dalamnya, apakah ia boleh memutus (dari shalatnya) ?โ€, dia berkata: โ€œYaโ€.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini