Share

Abu Nawas Malah Main Rebana di Atas Kuburan, padahal Mau Dikasih Jabatan, Kenapa Ya?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 614 2535161 abu-nawas-malah-main-rebana-di-atas-kuburan-padahal-mau-dikasih-jabatan-kenapa-ya-SnHKcnQqBQ.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: Istimewa)

ADA-ada saja kelakuan Abu Nawas. Aksinya yang tidak masuk akal selalu membuat siapa saja yang mengetahuinya tertawa terpingkal-pingkal. Seperti dalam kisah Abu Nawas menolak jabatan dari Raja berikut ini.

Dikutip dari nu.or.id, Kamis (20/1/2022), berawal dari Abu Nawas yang mempunyai ayah seorang penghulu atau hakim agama Islam (Qadi) Kerajaan Baghdad bernama Maulana. Suatu hari ayah Abu Nawas yang sudah tua itu sakit parah dan akhirnya meninggal dunia.

Baca juga: Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas soal Telur dan Ayam, Raja pun Kebingungan, Terpaksa Kasih Hadiah 

Baca juga: Abu Nawas Kena Batunya, Bawa Angsa Malah Disangka Jual Keledai 

Abu Nawas dipanggil ke istana. Ia diperintah Raja Harun Al Rasyid mengubur jenazah ayahnya itu sebagaimana adat Syekh Maulana. Apa yang dilakukan Abu Nawas hampir tidak ada bedanya dengan Qadi Maulana, baik mengenai tata cara memandikan jenazah hingga mengafani, menyalati, dan mendoakannya.

Maka Raja bermaksud mengangkat Abu Nawas menjadi Qadi atau penghulu menggantikan kedudukan ayahnya. Mendengar rencana sang Raja, tiba-tiba Abu Nawas yang cerdas itu tiba-tiba berubah menjadi gila.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Setelah pemakaman ayahnya, Abu Nawas mengambil sepotong batang pisang dan diperlakukannya seperti kuda. Ia menunggang kuda dari batang pisang itu sambil berlari-lari dari kuburan ayahnya menuju rumahnya. Orang yang melihat menjadi terheran-heran dibuatnya.

Baca juga: Hebat! Abu Nawas Bisa Memenjarakan Angin, tapi Malah Bikin Raja Kebauan 

Baca juga: Terpaksa! Raja Cium Kentut Abu Nawas, Bagaimana Bisa? 

Pada hari yang lain, Abu Nawas mengajak anak-anak kecil dalam jumlah yang sangat banyak untuk pergi ke makam ayahnya. Di atas makam itu, dia mengajak anak-anak bermain rebana dan bersuka cita.

Kini semua orang makin heran atas kelakuan Abu Nawas tersebut. Mereka menganggap Abu Nawas sudah menjadi gila karena ditinggal mati ayahnya. Padahal, perilaku tersebut hanyalah siasat Abu Nawas menolak menjadi Qadi.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini