Share

Meninggal Berkeringat di Dahi Tanda Husnulkhatimah, Benarkah?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 330 2540483 meninggal-berkeringat-di-dahi-tanda-husnulkhatimah-benarkah-SHn2Q8nKBW.jpg Ilustrasi tanda-tanda meninggal dunia dalam keadaan husnulkhatimah. (Foto: Sindonews)

USTADZ Dzulqarnain Muhammad Sunusi memberi penjelasan terkait salah satu tanda meninggal dunia dalam keadaan husnulkhatimah. Apakah wafat dengan keringat di dahi menandakan wafat dalam keadaan baik?

Ulama asal Sulawesi Selatan ini mengatakan memang keringat di dahi merupakan salah satu tanda seorang mukmin meninggal dalam keadaan husnulkhatimah. Husnulkhatimah adalah akhir hidup yang baik bagi seorang Muslim.

Baca juga: Telanjur Hubungan Intim saat Istri Haid, Ini Dendanya Kata Ustadz Khalid Basalamahย 

Baca juga: Abu Nawas Bikin Imam Syafii Nangis Kejer Gara-Gara Baca Secarik Kertas, Apa Sih Isinya?ย 

"Diriwayatkan dari hadis riwayat Imam Abu Dawud, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Seorang mukmin itu meninggal dengan keringat di dahinya'," kata Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi, seperti dikutip dari kanal YouTube DzulqarnainMS, Senin (31/1/2022).

Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ู…ูŽูˆู’ุชู ุงู„ู…ูุคู’ู…ูู†ู ุจูุนูุฑู’ู‚ู ุงู„ุฌูŽุจููŠู’ู†

"Kematian seorang mukmin dengan keringat di kening."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Para ulama menafsirkan bahwa keringat di dahi bagi seorang Muslim adalah tanda kebaikan untuknya. Sebab, jerih payahnya dalam bekerja keras melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Dikatakan bahwa keringat di dahinya terkait dengan sifat dia. Dia adalah orang yang ketika hidup beramal dengan amalan ketaatan, bersungguh-sungguh bermujahadah, seperti orang yang bekerja keras dia berkeringat di dahinya," paparnya.

Baca juga: Habib Munzir Ungkap Kasih Sayang Allah: Dosa Dicatat 1, Amal Dibalas hingga 700 Kali Lipatย 

Baca juga: Rasulullah Sering Bantu Pekerjaan Rumah Istri, Ternyata Ini Keutamaannyaย 

Beliau menegaskan bahwa berkeringat di dahi ketika meninggal memang di riwayat tersebut dikatakan oleh para ulama sebagai tanda husnulkhatimah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini