Share

Ini Pandangan Ustadz Zacky Mirza soal Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 330 2540947 ini-pandangan-ustadz-zacky-mirza-soal-dorce-gamalama-ingin-dimakamkan-sebagai-perempuan-BzFxENWHAN.jpg Ustadz Zacky Mirza. (Foto: MNC Portal)

USTADZ Zacky Mirza turut angkat bicara atas wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan jika meninggal kelak. Menurut dia, persoalan mengenai hal ini sudah diatur dalam kajian fikih.

Jika dipandang dari kacamata hukum Islam, Ustadz Zacky Mirza mengatakan seseorang sudah sepatutnya kembali sesuai kodrat masing-masing ketika menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan, MUI: Diurus Sebagaimana Jenis Kelamin Asalnya 

"Kita sudah pahami bersama bahwa semua ulama sepakat seorang Muslim ketika meninggal prosesnya harus dikembalikan kepada kodrat aslinya," ujar Ustadz Zacky Mirza kepada MNC Portal, Selasa (1/2/2022).

Meski demikian, Ustadz Zacky Mirza enggan memaksakan pendapatnya kepada Dorce Gamalama. Bagi dia, tugas sesama Muslim hanya saling mengingatkan.

"Tapi yang ingin saya sampaikan dalam hal ini adalah kita harus berpikir bahwa ketika nasihat sudah disampaikan dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, tinggal semuanya kembali kepada yang bersangkutan," tambahnya.

Baca juga: Dorce Gamalama Berwasiat soal Pemakaman, Apa Hukumnya dalam Islam? 

Ia menilai di usia Dorce yang sudah tidak lagi muda, sudah paham apa yang terbaik untuk diri sendiri. Termasuk juga dalam hal mengambil keputusan ini.

"Kita hanya bisa mendoakan saja, ya mudah-mudahan apa pun yang beliau pahami dan mengerti dari sisi hukum yang sudah disampaikan, biar itu menjadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah Subhanahu wa ta'ala," kata Ustad Zacky Mirza.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tidak lupa ia mendoakan kesehatan pembawa acara talkshow 'Dorce Show' itu. Ustadz Zacky Mirza juga berharap Dorce dapat menanggapi nasihat ulama dengan bijaksana.

Baca juga: Dorce Gamalama Mau Dimakamkan sebagai Perempuan, Ini Hukum Mengurus Jenazah Transgender Menurut Islam 

Baca juga: Kisah Ustadz Felix Siauw yang Keturunan Tionghoa Alami Cobaan Berat ketika Masuk Islam 

Sebelumnya pernyataan Dorce Gamalama menghebohkan publik Tanah Air hingga menuai pro-kontra. Ketika menjadi bintang tamu di podcast Denny Sumargo, Dorce mengatakan ingin dimakamkan sebagai seorang perempuan.

Ya, Dorce Gamalama memang terlahir sebagai pria, kemudian melakukan operasi kelamin untuk menjadi perempuan pada tahun 1983 di Surabaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini