Share

Bolehkah Puasa Rajab Dikerjakan pada Hari Jumat, Berikut Penjelasannya?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 330 2542207 bolehkah-puasa-rajab-dikerjakan-pada-hari-jumat-berikut-penjelasannya-JDhnguSLUW.jpg Penjelasan puasa Rajab pada hari Jumat (Foto: Prokerala)

JAKARTA - Umat Islam yang punya kemauan atau sedang melakukan puasa Rajab, terutama bertepatan pada Jumat, wajib mengetahui hukumnya terlebih dahulu.

Diketahui, bulan Rajab 1443 H sudah memasuki hari ke-2 dan kebetulan bertepatan dengan hari Jumat. Bisa jadi, ada beberap orang yang ingin atau sedang berpuasa Rajab, namun sebaiknya pahami dahulu hukumnya dalam Islam.

Dirangkum dari berbagai sumber, sebab ada larangan untuk menunaikan puasa hanya di hari Jumat. Dalam hadist riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW berkata:

โ€œJanganlah kalian puasa hari Jumat melainkan puasa sebelum atau sesudahnya,โ€ (HR Al-Bukhari).

Dikutip dari YouTube Xis-OnVlog, Jumat (4/2/2022), menurut penjelasan Ustadz Abdul Somad di salah satu ceramahnya, puasa di hari Jumat sendirian hukumnya dilarang.

"Kalau puasa hari Jumat dahului hari kamis, jadi Kamis-Jumat. Atau didahulukan hari Jumat kemudian ditambah Sabtu, jadi Jumat-Sabtu. Atau Kamis-Jumat-Sabtu juga boleh," kata Abdul Somad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini