Share

Ini Cara Beriman kepada Malaikat, Muslimin Wajib Tahu

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 330 2547183 ini-cara-beriman-kepada-malaikat-muslimin-wajib-tahu-a35q8sNBoT.jpg Ilustrasi cara beriman kepada malaikat-malaikat Allah Subhanahu wa ta'ala. (Foto: Shutterstock)

JIBRIL merupakan salah satu malaikat yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wa taโ€™ala. Lalu, bagaimana cara beriman kepada malaikat? Apakah hanya Jibril saja malaikat? Simak tulisan berikut ini yang akan membahas tentang iman kepada malaikat.

Dikutip dari Muslim.or.id, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya: "Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nyaโ€ฆ." (QS Al Baqarah: 285)

Baca juga: Hari Valentine Menurut Islam, Benarkah Haram? Ini Kata Buya Yahyaย 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika ditanya oleh Jibril Alaihissallam tentang iman, beliau menjawab: "(Iman yaitu) Engkau beriman dengan Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan beriman dengan takdir yang baik dan buruk." (Muttafaq `alaih)

Barang siapa yang ingkar dengan keberadaan malaikat, maka dia telah kafir, keluar dari Islam. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya: "Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (QS An-Nisa: 136)

Syekh Dr Muhammad bin Abdul Wahhab al Aqiil menjelaskan dalil dari Alquran dan Assunah serta kepekatan para ulama mengenai malaikat. Malaikat itu merupakan salah satu makhluk di antara makhluk Allah Subhanahu wa ta'ala lainnya.

Malaikat diciptakan untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Mereka pun hidup dan dapat berbicara serta berakal. Berbeda dengan jin dan manusia, malaikat hidup di tempat yang mulia lagi suci.

Baca juga: Masya Allah, Begini Wujud Hajar Aswad ketika Di-Zoom 4.000 Kaliย 

"Dan mereka berkata: 'Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak', Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan. Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang di hadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridhai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya. Dan barang siapa di antara mereka, mengatakan: 'Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah', maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim." (QS Al Anbiyaa: 26โ€“29)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Malaikat diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala dari cahaya. Seperti tercantum dalam hadis Ummul Mu'minin dia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Malaikat diciptakan dari cahaya." (HR Muslim)

Baca juga: Jadi Mualaf, Gadis Cantik Italia Ini Sekarang Ahli Bahasa Arab dan Budaya Islamย 

Baca juga: Gus Baha Ungkap Karomah Kiai Abbas Buntet Jatuhkan Pesawat Penjajah Melalui Doaย 

Adapun hikmah beriman kepada malaikat yakni mengetahui keagungan Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah menciptakan makhluk-makhluk yang mulia yaitu malaikat. Kecintaan kepada malaikat karena ibadah-ibadah yang mereka lakukan.

Bagaimana cara beriman kepada malaikat? Yakni dengan memahami bahwasannya malaikat adalah hamba Allah Subhanahu wa ta'ala yang taat dan sama sekali tidak berhak diibadahi.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini