Share

Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Ulama Sebut Harus Dimakamkan Sesuai Kodratnya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 330 2547981 dorce-gamalama-meninggal-dunia-ulama-sebut-harus-dimakamkan-sesuai-kodratnya-yDnX4rTP7E.jpg Dorce Gamalama meninggal dunia. (Foto: Dok YouTube Curhat Bang Denny Sumargo)

DORCE Gamalama meninggal dunia pada hari ini, Rabu 16 Februari 2022. Artis senior tersebut dikabarkan wafat setelah menderita covid-19 sejak beberapa pekan terakhir. Jauh sebelumnya, Bunda Dorce berwasiat ketika meninggal ingin dimakamkan sebagai seorang perempuan. Lantas, bagaimana hukumnya?

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Muhammad Cholil Nafis menyebut bahwa jenazah seorang transgender harus diurus dan dimakamkan sesuai kodratnya. "Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya," ungkap dia dalam unggahan di akun Twitter-nya.

Baca juga: Ini Riwayat Sakit Dorce Gamalama Sebelum Meninggal Dunia 

Info grafis Dorce Gamalama. (Foto: Okezone)

Baca juga: Ini Pandangan Ustadz Zacky Mirza soal Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan 

Selain itu, lanjut KH Cholil Nafis, mengubah jenis kelamin melalui operasi bukanlah hal yang diakui dalam ajaran agama Islam. Sehingga ketika meninggal dunia nanti, seorang transgender haruslah dimakamkan sesuai jenis kelamin saat mereka lahir ke dunia.

"Jadi mengubah kelamin itu tidak diakui dalam Islam, sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama," paparnya.

"Laki-laki yang pindah perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang mengubah ke laki-laki itu mutarajjil," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seperti diketahui, Dorce Gamalama telah melakukan operasi pergantian kelamin pada tahun 1983 di Surabaya, Jawa Timur. Hal itu membuat Denny Sumargo dalam podcast-nya bertanya hal sensitif terkait proses pemakaman Dorce jika meninggal dunia.

Baca juga: Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan, MUI: Diurus Sebagaimana Jenis Kelamin Asalnya 

Baca juga: Dorce Gamalama Berwasiat soal Pemakaman, Apa Hukumnya dalam Islam? 

"Bunda kalau nanti akhirnya berpulang, Bunda ingin meninggal sebagai apa?" tanya Denny Sumargo dalam akun YouTube-nya.

"Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan perempuan, sebagai perempuan," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini